Dishub Pekanbaru Siapkan Program BRT untuk Kota Raya

24 September 2024
Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru mengungkapkan rencana ambisius untuk mewujudkan program Bus Rapid Transit (BRT). Program ini diharapkan dapat menjadi solusi transportasi massal yang modern dan efisien bagi masyarakat Pekanbaru.

"Mimpi kami adalah mewujudkan program BRT. Ini memang tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat," kata Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso, Selasa (24/9/2024).

Namun, program ini BRT butuh biaya yang besar serta perbaikan infrastruktur di jalur-jalur yang akan dilalui. Selain itu, kerja sama holistik antara semua pemangku kepentingan sangat diperlukan.

"Kami telah melakukan berbagai upaya untuk menyosialisasikan dan meyakinkan stakeholder terkait program ini. Kami sudah melakukan kunjungan ke setiap stakeholder untuk memberikan informasi dan meyakinkan pihak-pihak yang bisa mendukung program ini," jelasnya.

Dengan adanya kepala daerah baru yang terpilih, Yuliarso optimis program BRT dapat diwujudkan dalam lima tahun ke depan. Program BRT akan menjadi ikon dan langkah besar untuk perbaikan transportasi di Kota Pekanbaru yang kini telah menjadi kota raya.

Transformasi Pekanbaru dari kota besar menjadi kota raya memerlukan inovasi dalam sistem transportasi. Program BRT diharapkan dapat memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat yang semakin meningkat seiring dengan perkembangan kota. Dengan dukungan dari berbagai pihak, Dishub Pekanbaru berkomitmen untuk terus berupaya mewujudkan transportasi yang lebih baik dan efisien bagi seluruh warga kota.