Disdukcapil Pekanbaru Peringatkan Warga tentang Oknum Tak Dikenal Bisa Bantu Urus IKD

Disdukcapil Pekanbaru Peringatkan Warga tentang Oknum Tak Dikenal Bisa Bantu Urus IKD

1 September 2024
Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Warga Kota Pekanbaru diimbau untuk berhati-hati terhadap aksi penipuan yang dilakukan oleh oknum tak dikenal yang mengaku dapat membantu aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Modusnya, sata pribadi dari warga diminta dan kemudian digunakan untuk tujuan yang tidak bertanggung jawab.

"Jangan sembarangan memberikan data pribadi. Ini peringatan serius bagi warga Kota Pekanbaru," tegas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru Irma Novrita, Minggu (1/9/2024).

Dalam beberapa waktu terakhir, terjadi peningkatan kasus penipuan yang mencatut nama Disdukcapil Kota Pekanbaru dan Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Para pelaku mencoba menipu warga dengan berbagai modus.

"Penting bagi warga untuk tidak tertipu oleh oknum yang mengatasnamakan institusi tersebut. Saya mengimbau agar warga mengabaikan atau bahkan memblokir nomor telepon, SMS, dan WhatsApp dari oknum yang berusaha menipu," ucap Irma.

Ia juga berulang kali mengingatkan warga agar tidak mudah percaya pada pesan-pesan tidak jelas yang dikirim melalui ponsel. Biasanya, oknum tersebut akan mengirimkan tautan dan meminta penerima untuk mengklik tautan tersebut, yang dapat berpotensi meretas data pribadi pengguna.

"Jangan sekali-kali mengklik tautan tersebut. Apalagi jika diminta untuk mengunduh aplikasi," ujar Irma memperingatkan.

Disdukcapil Kota Pekanbaru tidak pernah melakukan klarifikasi data kependudukan melalui pengiriman tautan. Apalagi, warga diminta untuk mengunduh aplikasi melalui telepon, SMS, atau pesan WhatsApp.

"Kami mengimbau warga untuk menjaga data kependudukan mereka dan tetap waspada terhadap oknum yang berusaha meretas ponsel mereka," tutup Irma.