Disdukcapil Pekanbaru Imbau Pemilih Pemula Segera Urus KTP-el Sebelum Pilkada

10 Oktober 2024
Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Para pemilih pemula diimbau agar memanfaatkan layanan akhir pekan atau weekend di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru. Disdukcapil masih membuka pelayanan setengah hari pada hari Sabtu untuk membantu pelajar sekolah membuat KTP elektronik.

Hal ini dikatakan Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita, Kamis (10/10/2024).

"Pelayanan akhir pekan ini berlangsung setiap Sabtu, mulai pukul 08.30 WIB hingga 12.00 WIB. Kuota 150 nomor antrean per hari," jelasnya.

Namun biasanya, nomor antrean itu jarang terpenuhi di hari Sabtu. Oleh karena itu, remaja yang sudah atau akan berusia 17 tahun hingga November nanti diimbau untuk segera mengurus KTP-el.

"Program ini terbatas dan akan berlangsung hingga sehari sebelum Pilkada," ucap Irma.

Langkah ini dilakukan agar pembuatan KTP-el dapat berjalan lancar tanpa mengganggu jam sekolah. Di samping itu, para pelajar memungkinkan pemohon mendapatkan foto sesuai keinginan.

Hingga kini, masih banyak remaja pemilih pemula yang belum melakukan perekaman KTP-el. Mayoritas dari remaja ini adalah siswa SMA atau sederajat yang akan menginjak usia 17 tahun. Dengan adanya layanan ini, diharapkan para pemilih pemula dapat segera mengurus KTP-el dan siap menyalurkan hak suaranya pada Pilkada mendatang.