Disdukcapil Pekanbaru Buka Layanan Aktivasi KTP Digital di Tangkerang Selatan

Disdukcapil Pekanbaru Buka Layanan Aktivasi KTP Digital di Tangkerang Selatan

1 Mei 2024
Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru melakukan jemput bola untuk pencapaian target penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP digital. 

"Jemput bola dilakukan dengan mendatangi sejumlah kecamatan. Kemarin, kami membuka layanan di Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukitraya. Layanan jemput bola ini juga selalu disambut dengan antusias oleh warga sekitar," kata Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita, Rabu (1/5/2024). 

Kegiatan ini bertujuan guna peningkatan efesiensi pencatatan kependudukan. Penyelengaraan IKD didasarkan pada pemenuhan kebutuhan masyarakat atas pelayanan adminduk yang memadai dan terintegrasi.

"KTP digital adalah versi modern dari KTP konvensional yang menggunakan teknologi chip dan data elektronik. Informasi identitas pemilik KTP digital tersimpan dalam bentuk elektronik, termasuk nama, alamat, jenis kelamin, dan foto," jelas Irma. 

Fitur-fitur ini memungkinkan proses verifikasi identitas yang lebih efisien dan membantu berbagai program pemerintah. Dengan manfaat dan kemudahan yang ditawarkan, KTP digital dapat menjadi solusi untuk mempermudah berbagai proses administratif bagi masyarakat Indonesia.