Disdalduk KB Pekanbaru Gencarkan Sosialisasi Metode Operasi Pria

Disdalduk KB Pekanbaru Gencarkan Sosialisasi Metode Operasi Pria

5 September 2024
Kepala Disdalduk KB Pekanbaru M Amin. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disdalduk KB Pekanbaru M Amin. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru terus menggencarkan sosialisasi program Keluarga Berencana (KB) melalui Metode Operasi Pria (MOP). Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pria dalam program KB dan mendukung kesejahteraan keluarga.

Kepala Disdalduk KB Kota Pekanbaru Muhammad Amin, Kamis (5/9/2024), mengungkapkan, pemko menargetkan setidaknya 10 pria menggunakan kontrasepsi MOP pada tahun ini Hingga bulan September ini, sudah ada 6 pria yang menjalani program tersebut.

"Tahun ini, kami menargetkan ada 10 peserta MOP. Kita terus melakukan sosialisasi dan sampai bulan ini. Setidaknya sudah ada 6 orang yang melakukan MOP," ujarnya.

Tim Disdalduk KB telah diterjunkan langsung ke lapangan untuk melakukan edukasi dan sosialisasi mengenai program MOP kepada masyarakat. Tujuan program MOP adalah agar masyarakat semakin memahami bahwa metode kontrasepsi. Jadi, kontrasepsi itu tak hanya berlaku pada perempuan, tetapi juga bisa dilakukan oleh pria.

"Kami terus melakukan sosialisasi. Kami terus mengedukasi masyarakat terkait jenis-jenis kontrasepsi yang mencakup MOP dan Metode Operasi Wanita (MOW)," jelas Amin.

Bagi pria yang ingin menjalani MOP tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Selain itu, selama proses MOP yang berlangsung selama tiga hari, biaya hidup peserta akan ditanggung oleh pemerintah.

Dengan adanya program sosialisasi ini, diharapkan semakin banyak pria yang terlibat dalam program KB. Sehingga dapat tercipta keluarga yang sehat dan sejahtera di Kota Pekanbaru.