Disbudpar Pekanbaru Sukses Luncurkan Pojok Ekraf UMKM di Hotel-Hotel Terkemuka

26 September 2024
Kepala Disbudpar Pekanbaru Masriyah. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disbudpar Pekanbaru Masriyah. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru telah sukses meluncurkan program pojok ekraf (ekonomi kreatif) bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sejumlah hotel ternama. Program ini bertujuan untuk mempromosikan dan memasarkan produk khas Pekanbaru, Riau. 

"Saat ini, dua hotel yang telah menyediakan pojok ekraf UMKM adalah Novotel Pekanbaru dan Hotel Pangeran," kata Kepala Disbudpar Pekanbaru Masriyah, Kamis (26/9/2024).

Pojok ekraf UMKM yang ada di Novotel Pekanbaru mendapat perhatian khusus saat dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo, yang didampingi beberapa menteri. Presiden dan rombongan sempat membeli berbagai produk khas Pekanbaru yang dihasilkan oleh pelaku UMKM lokal.

Produk-produk yang dijual di pojok ekraf UMKM mencakup berbagai kuliner dan souvenir khas Pekanbaru. Pojok-pojok ini menampilkan berbagai produk unik Pekanbaru, seperti tempat tisu dari songket, tas kreasi dari rotan, serta berbagai kerajinan berbahan rotan. 

"Pojok ekraf ini dirancang untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk khas Pekanbaru yang dihasilkan oleh pelaku UMKM," jelas Masriyah.

Inisiatif ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM Pekanbaru dalam memasarkan produknya, sekaligus memperkenalkan kekayaan budaya dan kreativitas masyarakat Pekanbaru kepada tamu hotel dan wisatawan. Disbudpar Pekanbaru terus mendorong lebih banyak hotel untuk menyediakan pojok ekraf UMKM guna memperluas jangkauan pemasaran produk lokal.