Dinsos Pekanbaru Respons Cepat Laporan Masyarakat Soal ODGJ

23 September 2024
Kepala Dinsos Pekanbaru Idrus. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinsos Pekanbaru Idrus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru menyatakan akan menindaklanjuti laporan masyarakat terkait keberadaan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang meresahkan. Dinsos siap menerjunkan satuan tugas untuk menjangkau dan menangani ODGJ yang dilaporkan masyarakat.

"Kami memiliki satuan tugas penjangkauan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial. Petugas kami siap menindaklanjuti setiap laporan yang masuk," kata Kepala Dinsos Pekanbaru Idrus, Senin (23/9/2024).

Beberapa waktu lalu, Dinsos telah mengamankan dua ODGJ berdasarkan laporan masyarakat. ODGJ tersebut ditemukan di dua lokasi berbeda, yaitu di Jalan Tuanku Tambusai dan Jalan Usaha (Kelurahan Tanjung Rhu).

"Menurut aturan, kami hanya menjangkau ODGJ yang terlantar. Jika keberadaan mereka sudah mengganggu kenyamanan, petugas kami tetap akan turun tangan," jelas Idrus.

Setelah dijangkau, ODGJ tersebut dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan untuk mendapatkan rehabilitasi kejiwaan. Selama masa rehabilitasi, Dinsos Pekanbaru juga berupaya melacak keluarga untuk kemudian memulangkan ODGJ kepada keluarganya.

Selain di dua lokasi tersebut, masyarakat juga melaporkan keberadaan ODGJ di sekitar Jalan Pepaya dan Jalan Durian. Namun, upaya petugas untuk mengamankan ODGJ di lokasi tersebut belum berhasil.

"Karena mereka sering berpindah-pindah tempat. Kami terus berusaha menjangkau ODGJ yang dilaporkan, meskipun mereka sering berpindah tempat. Kami berharap masyarakat terus memberikan informasi agar kami bisa bertindak cepat," tutup Idrus.

Langkah cepat Dinsos Pekanbaru ini diharapkan dapat menjaga kenyamanan dan keamanan masyarakat. Sehingga, Dinsos memberikan pelayanan yang lebih baik bagi ODGJ di Kota Pekanbaru.