Dinkes Pekanbaru Vaksin 81.000 Anak di PIN Polio Tahap Pertama

Dinkes Pekanbaru Vaksin 81.000 Anak di PIN Polio Tahap Pertama

12 Agustus 2024
Plt Kepala Dinkes Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

Plt Kepala Dinkes Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Kesehatan (Dinkes) telah memvaksin 81.000 anak pada Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap pertama. Kini, Dinkes melanjutkan PIN Polio hingga tercapainya vaksinasi terhadap 145.000 anak.

"Berdasarkan pusat data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), vaksinasi Polio hanya mencapai 55 persen lebih dari target 145.000 anak di Pekanbaru. Padahal, kami sudah bekerja maksimal bersama instansi lintas sektor," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut di kantornya, Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Senin (12/8/2024).

Namun, Dinkes tidak berpolemik tentang data. Dineks hanya ingin memastikan seluruh sasaran Pekan Imunisasi Polio itu berhasil diakses.

"Hingga kemarin petang, kami sudah memvaksin sekitar 81.000 anak. Ini data riil kami berdasarkan rekapitulasi data puskesmas, Dinkes, Kementerian Agama (Kemenag), posyandu, dan organisasi lainnya," sebut Ingot.

Kendala di lapangan, ada beberapa penolakan dari wali murid atau orang tua terkait vaksinasi Polio. Dinkes sudah melakukan pendekatan secara lintas sektor, tokoh masyarakat, dan tokoh agama. 

"Responnya cukup baik meskipun belum 100 persen yang mau," ucap Ingot.