Dinkes Pekanbaru Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Cacar Monyet

Dinkes Pekanbaru Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Cacar Monyet

17 September 2024
Sekretaris Dinkes Pekanbaru Dokter Fira Septiyanti. Foto: Surya/Riau1.

Sekretaris Dinkes Pekanbaru Dokter Fira Septiyanti. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru tengah meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit cacar monyet (monkeypox). Di samping itu, Dinkes juga masih melakukan penyelidikan epidemiologi terhadap beberapa kasus yang dicurigai.

"Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengingatkan kita untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap cacar monyet. Saat ini, kami masih melakukan penyelidikan epidemiologi terhadap beberapa kasus yang dicurigai," kata Sekretaris Dinkes Pekanbaru Dokter Fira Septiyanti di Posyandu Bunga Jajar Kembar, Gang Obor, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Umban Sari, Kecamatan Rumbai, Kamis (17/9/2024).

Dinkes belum bisa memastikan tanpa pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini guna memastikan apakah kasus tersebut positif cacar monyet.

"Kami juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti pelabuhan dan pos pemeriksaan darat. Supaya, mereka meningkatkan kewaspadaan terhadap pendatang dari luar negeri," sebut Dokter Fira.

Dinkes telah diminta Kemenkes untuk berkoordinasi secara nasional. Halniji guna meningkatkan kewaspadaan, terutama bagi pendatang dari luar negeri.

Vaksinasi cacar monyet akan dilaksanakan jika diperlukan. Tentu, Dinkes menunggu kebijakan dan arahan vaksinasi cacar monyet dari pemerintah pusat. 

"Secara teknis, kami masih menunggu edaran lebih lanjut dari pemerintah pusat," jelas Dokter Fira.