Dinkes Pekanbaru Tetapkan Kandungan Kalori Menu Makan Siang Gratis

Dinkes Pekanbaru Tetapkan Kandungan Kalori Menu Makan Siang Gratis

12 September 2024
Sekretaris Dinkes Pekanbaru Dokter Fira Septiyanti. Foto: Istimewa.

Sekretaris Dinkes Pekanbaru Dokter Fira Septiyanti. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru menetapkan nilai kalori pada tial menu makan siang gratis bagi pelajar SD dan SMP. Makanan harus mengandung antara 1.500 hingga 1.800 kalori setiap porsi.

"Kami memastikan bahwa menu makanan yang disajikan sesuai dengan standar kebutuhan gizi anak-anak. Setiap porsi makanan harus memenuhi sekitar 1.500 hingga 1.800 kalori," kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru Dokter Fira Septiyanti usai simulasi makan siang gratis bagi pelajar di SD Negeri 68 dan SMP Negeri 32 Pekanbaru di Jalan Balam, Sukajadi, Kamis (12/9/2024).

Meskipun jenis menu bisa berubah, standar komposisi gizinya tetap harus dipenuhi. Komposisi gizi seperti protein, lemak, dan karbohidrat sudah ditetapkan. 

"Menunya bisa bervariasi. Misalnya hari ini, protein dari ayam, besok dari ikan. Standar kebutuhan kalori tetap harus dipenuhi," jelas Dokter Fira.

Variasi dalam menu sangat penting untuk menjaga minat dan selera anak-anak terhadap makanan sehat. Jenis menu akan disesuaikan, namun tetap menjaga standar gizi. 

"Variasi menu seperti ayam, ikan, dan buah-buahan akan diterapkan. Agar, anak-anak tidak bosan dan tetap tertarik dengan makanan yang disajikan," tambah Dokter Fira.

Dengan penyesuaian menu yang tetap menjaga standar gizi, Dinkes berharap dapat mendukung kesehatan dan perkembangan anak-anak sekolah di Kota Pekanbaru. Dinkes akan untuk terus memantau dan memastikan bahwa setiap menu yang disajikan memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh anak-anak.