Dinkes Pekanbaru Lakukan Upaya Pencegahan Ancaman Cacar Monyet

Dinkes Pekanbaru Lakukan Upaya Pencegahan Ancaman Cacar Monyet

26 Agustus 2024
Plt Kepala Dinkes Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

Plt Kepala Dinkes Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru terus memperkuat koordinasi dengan tim dari provinsi dan tingkat nasional jika muncul potensi penyebaran penyakit cacar monyet (monkeypox). Beberapa langkah antisipasi segera dilakukan untuk melindungi masyarakat dari ancaman penyakit ini.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan tim provinsi dan nasional untuk mengatasi potensi penyebaran cacar monyet. Dalam waktu dekat, akan ada beberapa langkah penanganan yang akan diterapkan kepada masyarakat," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Senin (26/8/2024).

Salah satu langkah yang akan dilakukan adalah percepatan penyebaran vaksin cacar monyet. Dinkes berencana untuk segera mensosialisasikan program vaksinasi ini kepada masyarakat. Agar, mereka lebih memahami pentingnya vaksinasi dalam pencegahan penyakit.

"Kami akan segera mensosialisasikan vaksin cacar monyet kepada masyarakat. Agar mereka siap dan paham pentingnya vaksinasi ini," sebut Ingot.

Perubahan iklim dan faktor lingkungan lainnya dapat mempengaruhi penyebaran penyakit, termasuk cacar monyet. Oleh karena itu, langkah-langkah pencegahan akan disesuaikan dengan kondisi terbaru untuk memastikan efektivitas penanganan.