Dinkes Pekanbaru Capai 85.108 Anak dalam Tahap Pertama PIN Polio

2 Oktober 2024
Sekretaris Dinkes Pekanbaru Dokter Fira Septiyanti. Foto: Surya/Riau1.

Sekretaris Dinkes Pekanbaru Dokter Fira Septiyanti. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru mengumumkan capaian target Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap pertama yang mencapai 85.108 anak per 30 September 2024. Angka tersebut mewakili 58,4 persen dari total sasaran 145.754 anak.

"Dengan dukungan Posyandu, camat, dan seluruh tim, kamk terus melakukan imunisasi Polio terhadap sekitar 60.646 anak yang belum mendapatkan imunisasi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinkes Pekanbaru Dokter Fira Septiyanti, Rabu (2/10/2024).

Dinkes juga melakukan upaya jemput bola untuk mempercepat pencapaian target. Dinkes melanjutkan tahapan kedua PIN Polio sambil tetap melakukan imunisasi tahap pertama.

Capaian target PIN Polio tahap kedua masih jauh di bawah capaian tahap pertama, dengan hanya 56.028 anak yang telah diimunisasi. Jumlah ini baru mencapai 38,4 persen dari total sasaran. Sehingga, masih tersisa 89.726 anak atau 61,6 persen yang harus diimunisasi dalam tahap kedua.

"Tim kami terus bergerak dan berkoordinasi dengan wilayah-wilayah terkait untuk memastikan masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan lengkap. Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa imunisasi Polio cukup sekali, padahal harus dua kali," tegas Dokter Fira.

Dinkes berharap dengan upaya yang terus dilakukan, seluruh target imunisasi polio dapat tercapai. Imunisasi ini demi melindungi anak-anak dari penyakit Polio yang berbahaya.