Dinas PUPR Pekanbaru Normalisasi Hilir Sungai Drainase di Jalan Subayang

26 Oktober 2024
Pasukan kuning Dinas PUPR Pekanbaru membersihkan hilir sungai di Jalan Subayang. Foto: Istimewa.

Pasukan kuning Dinas PUPR Pekanbaru membersihkan hilir sungai di Jalan Subayang. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru melalui tim Operasi dan Pemeliharaan (OP) Bidang Sumber Daya Air (SDA), melaksanakan normalisasi hilir sungai di Jalan Subayang. Upaya ini bertujuan untuk menjaga kelancaran aliran air di saluran utama Kota Pekanbaru.

"Normalisasi hilir sungai ini guna mencegah banjir yang kerap terjadi saat curah hujan tinggi. Normalisasi ini dilakukan dengan membersihkan anak sungai yang berpotensi tersumbat akibat tumpukan sampah dan endapan lumpur," kata Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Edward Riansyah, Sabtu (26/10/2024).

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Dinas PUPR Pekanbaru juga secara rutin berkoordinasi dengan ketua RT dan RW setempat. Koordinasi ini guna memastikan kebersihan dan pemeliharaan sungai tetap terjaga.

"Kami berharap agar seluruh elemen masyarakat dapat turut serta bergotong-royong dalam menjaga kebersihan saluran drainase utama kota. Hal ini penting agar kita semua terhindar dari bencana banjir," ujar Edu, sapaan akrabnya.

Dengan partisipasi aktif dari masyarakat, Dinas PUPR optimis bahwa pencegahan banjir di Pekanbaru dapat lebih efektif. Program normalisasi ini akan terus dilaksanakan untuk memastikan aliran air dapat mengalir lancar tanpa hambatan, khususnya pada musim penghujan yang diprediksi akan datang.