BPBD Pekanbaru Berupaya Tekan Kebakaran Lahan di Musim Kemarau

BPBD Pekanbaru Berupaya Tekan Kebakaran Lahan di Musim Kemarau

19 Juli 2024
Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra. Foto: Surya/Riau1.

Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru terus mengingatkan warga untuk tidak menggunakan metode pembakaran saat membersihkan lahan. Hal ini mengingat kondisi cuaca yang kering menjelang musim kemarau.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pekanbaru Zarman Candra, Jumat (19/7/2024), menekankan pentingnya pencegahan kebakaran lahan di tengah musim kemarau yang telah memasuki puncaknya. Ia menyarankan agar masyarakat tidak menggunakan pembakaran sebagai cara membersihkan lahan. 

"Ini sangat penting untuk menghindari risiko kebakaran yang bisa terjadi dengan cepat," ujarnya.

Untuk mengurangi kemungkinan kejadian kebakaran lahan, BPBD meminta camat dan lurah aktif berperan dengan memberikan imbauan kepada masyarakat. Jika terpaksa membersihkan lahan dengan metode pembakaran, api harus dipastikan bisa dikendalikan agar tidak merambat ke area lain.

Beberapa waktu lalu, kebakaran lahan terjadi di Jalan Kota Baru, Kelurahan Umban Sari, Kecamatan Rumbai. Kebakaran lahan menghanguskan lahan seluas 20 x 50 meter. 

"Kami berhasil memadamkan api. Sehingga kebakaran tidak merambat lebih luas," ucap Zarman.

Langkah pencegahan ini merupakan bagian dari upaya BPBD Pekanbaru dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat di musim kemarau ini. Sebab, potensi kebakaran lahan menjadi ancaman serius yang perlu diantisipasi secara serius.