BKPSDM Pekanbaru Sarankan Peserta Tes CPNS Ikuti Bimbel

BKPSDM Pekanbaru Sarankan Peserta Tes CPNS Ikuti Bimbel

20 September 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Irwan Suryadi. Foto: Surya/Riau1.

Kepala BKPSDM Pekanbaru Irwan Suryadi. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru menyarankan para peserta seleksi tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengikuti bimbingan belajar (bimbel). Supaya, para peserta memahami ujian tes CPNS berbasis Computer Assisted Test (CAT).

"Yakinlah pada kemampuan masing-masing. Hasil tes CPNS sangat bersih dan jelas. Jika peserta mampu, insya Allah akan berhasil. Kami menyarankan agar peserta fokus, terutama karena sebagian besar baru pertama kali mengikuti tes ini," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru Irwan Suryadi, Jumat (20/9/2024).

Ia juga menganjurkan peserta untuk mengikuti bimbel yang tersedia. Hal ini guna memperoleh pemahaman lebih baik tentang tes berbasis CAT.

"Ikuti bimbel agar mendapat masukan dan pengetahuan baru terkait tes nantinya. Jangan percaya pada janji-janji calo yang tidak jelas," ucap Irwan.

Dengan kemampuan yang dimiliki, diharapkan peserta akan lulus karena hasil tes tidak bisa direkayasa. Hasil langsung ditampilkan di layar lebar begitu keluar dari ruangan tes, menunjukkan peringkat peserta secara transparan.

BKPSDM hanya bertugas memfasilitasi pelaksanaan tes. Sedangkan pelaksanaan seleksi sepenuhnya di bawah tanggung jawab Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Tugas kami terkait dengan awal seleksi administrasi. Kami sudah mengumumkan siapa saja yang lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti tahap selanjutnya," jelas Irwan.

Bagi peserta yang tidak lulus seleksi administrasi supaya mencoba lagi pada kesempatan yang lain. Dengan penekanan pada transparansi dan keadilan dalam proses seleksi, BKPSDM berharap dapat menghasilkan CPNS yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan instansi pemerintah.