Biaya Kesehatan di Malaysia Lebih Rendah Dibandingkan Negara Lain di Asia

28 September 2024
Direktur Malaysia Healthcare Travel Council untuk Pasar Indonesia Rahmatullah Baragau. Foto: Surya/Riau1.

Direktur Malaysia Healthcare Travel Council untuk Pasar Indonesia Rahmatullah Baragau. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Biaya kesehatan di Malaysia relatif lebih rendah dibandingkan negara lain di wilayan Asia. Biaya kesehatan yang rendah dengan tenaga medis yang profesional menarik minat warga Riau untuk berobat ke Malaysia.

Direktur Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) untuk Pasar Indonesia Rahmatullah Baragau usai peresmian MHExpo di Grand Atrium Living World Mall, Pekanbaru, Jumat (27/9/2024), menyampaikan bahwa perawatan medis di Malaysia, seperti pediatri, urologi, kardiologi, dermatologi, dan banyak lagi. Perawatan medis ini semakin diminati oleh pasien asal Indonesia. 

"Hal ini mencerminkan kepercayaan dan keyakinan mereka terhadap Malaysia sebagai tujuan medis yang terpercaya dan handal," ujarnya.

Malaysia telah dikenal sebagai penyedia layanan kesehatan yang sangat baik. Beberapa faktor yang mendukung reputasi ini adalah kualitas layanan kesehatan yang tinggi, sistem layanan kesehatan yang teratur, serta profesional medis yang sangat terlatih. 

"Banyak rumah sakit di Malaysia telah mendapatkan akreditasi internasional dan dikenal dengan hasil klinis yang memuaskan. Beberapa rumah sakit swasta bahkan meraih pengakuan bergengsi, termasuk peringkat sebagai rumah sakit terbaik di dunia untuk berbagai perawatan, seperti kardiologi, endokrinologi, neurologi, onkologi, ortopedi, dan pediatri oleh Newsweek pada tahun 2004," ungkap Rahmatullah.

Sebanyak 21 rumah sakit menjadi bagian dari program keanggotaan MHTC. Malaysia juga diakui sebagai destinasi terbaik untuk pasien di Asia oleh Nasdaq dan International Living Magazine. 

"Keunggulan lainnya adalah akses cepat ke layanan kesehatan dengan waktu tunggu yang singkat, serta biaya perawatan yang terjangkau. Biaya kesehatan di Malaysia relatif lebih rendah dibandingkan dengan banyak negara lain di kawasan ini dan diatur oleh tarif yang ditetapkan," kata Rahmatullah.

Pasien juga akan mendapatkan pengalaman yang memuaskan dari awal hingga akhir. Karena, MHTC memfasilitasi kebutuhan pasien sejak sebelum kedatangan, selama perawatan, hingga pasca pengobatan ketika kembali ke rumah.

Malaysia juga dikenal dengan keramahan penduduknya dan kemudahan berkomunikasi. Karena kebanyakan warga Malaysia mampu berbicara lebih dari satu bahasa. Sebagai negara yang ramah Muslim, Malaysia juga menawarkan produk medis yang sudah bersertifikat halal, termasuk makanan dan berbagai fasilitas lainnya.

"Hari ini menandai tonggak penting dengan dimulainya Malaysia Healthcare Expo pertama di Kota Pekanbaru. Provinsi Riau mengalami pertumbuhan pesat di sektor kesehatan, menjadikannya lokasi strategis untuk penyelenggaraan expo ini," ujar Rahmatullah.

Acara ini didukung oleh kedekatan geografis dan ikatan budaya yang kuat antara Malaysia dan Riau. Expo ini akan memfasilitasi transfer pengetahuan dan teknologi antara kedua negara, memperkuat hubungan bilateral, serta membuka peluang kolaborasi baru di sektor kesehatan, khususnya dalam wisata medis.

"Pada Malaysia Healthcare Expo 2024 di Pekanbaru, lebih dari 13 rumah sakit swasta terakreditasi dari Malaysia hadir dengan para spesialis mereka untuk menampilkan inovasi terbaru dalam perawatan kesehatan. Mereka juga menyajikan berbagai layanan kesehatan internasional serta paket-paket yang komprehensif," sebutnya.

Atas nama MHTC, Rahmatullah mengundang masyarakat Riau yang hadir untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan menjelajahi penawaran dari semua rumah sakit yang berpartisipasi dan mendapatkan wawasan lebih dalam tentang berbagai perawatan dan paket yang ditawarkan di Mal Living World pada 27-29 September. Rumah sakit di Malaysia siap memberikan layanan yang luar biasa dan berbagai pilihan sesuai kebutuhan.