Bapenda Pekanbaru Kumpulkan PAD Rp572 Miliar, Optimis Capai Target

Bapenda Pekanbaru Kumpulkan PAD Rp572 Miliar, Optimis Capai Target

5 September 2024
Kepala Bapenda Alek Kurniawan. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Bapenda Alek Kurniawan. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru mencatat pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak sebesar Rp572 miliar terhitung sejak awal Januari hingga akhir Agustus 2024. Capaian ini telah mencapai sekitar 67 persen dari target yang ditetapkan Pemko Pekanbaru sebesar Rp845 miliar.

Kepala Bapenda Kota Pekanbaru Alek Kurniawan, Kamis (5/9/2024), mengatakan, terdapat empat sektor dari sebelas objek pajak yang menyumbang PAD terbesar pada tahun ini. Keempat sektor tersebut adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Pajak Restoran, dan Pajak Penerangan Jalan (PPJ). Masing-masing sektor menyumbang PAD lebih dari Rp100 miliar.

"PBB sudah mencapai sekitar Rp130 miliar. Sedangkan BPHTB lebih dari Rp120 miliar. Keempat sektor ini semuanya menyumbang di atas seratus miliar rupiah," jelasnya.

Dengan capaian PAD yang tinggi, Alek optimistis bahwa target sebesar Rp845 miliar dapat tercapai hingga akhir tahun ini. Pencapaian ini menunjukkan kinerja yang baik dari Bapenda dalam mengelola dan mengumpulkan pendapatan daerah.