Kapolda Riau Dukung Penuh Even Pemuda Lawan Hoaks yang Digagas PWI Pekanbaru

Kapolda Riau Dukung Penuh Even Pemuda Lawan Hoaks yang Digagas PWI Pekanbaru

23 Oktober 2018
Kapolda Riau dan pejabat utama, saat bertemu anggota PWI Pekanbaru, Selasa siang.

Kapolda Riau dan pejabat utama, saat bertemu anggota PWI Pekanbaru, Selasa siang.

RIAU1.COM -Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo, mendukung penuh rencana acara Deklarasi Pemuda Riau Melawan Hoaks yang digagas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Pekanbaru - Riau, yang bakal digelar 28 Oktober 2018.

Dukungan itu ia sampaikan secara langsung saat Ketua PWI Pekanbaru Agustiar menggelar pertemuan dengan Irjen Widodo di kantornya, Selasa (23/10/2018) siang bersama anggota PWI Pokja Pekanbaru lainnya.

Satu persatu rangkaian kegiatan dipaparkan di hadapan Kapolda Riau, dan Irjen Widodo Eko pun merestui acara akbar ini. Nantinya, masyarakat bakal disuguhkan dengan berbagai kegiatan positif dalam deklarasi pemuda melawan hoaks tersebut.

Deklarasi pemuda melawan hoaks ini penting, guna menyatukan wawasan masyarakat untuk bersama-sama menangkis informasi bohong yang beredar, terutama di media sosial yang bepotensi besar membuat kegaduhan.

Nantinya pada 28 Oktober yang bertepatan dengan hari sumpah pemuda tersebut, PWI Pekanbaru menyuguhkan berbagai acara dan perlombaan, mulai dari jalan santai, akustik, gerak jalan, lomba membuat meme, lomba cipta lagu lawan hoaks, bazaar hingga perlombaan game PUBG.

Bahkan, Irjen Widodo Eko mendapuk dirinya sebagai sponsor utama hadiah untuk lomba cipta lagu tersebut. "Ini sangat positif, memunculkan kreatifitas masyarakat. Kita tentunya mendukung," sambutnya dengan antusias.

Dukungan terhadap even pemuda melawan hoaks yang digagas PWI Pekanbaru tersebut tentunya sejalan dengan upaya dan program kepolisian saat ini, yang menjadi 'palang pintu' penegakkan hukum dalam pemberantasan penyebaran hoaks.

"Kita berharap ini berkelanjutan, dan bernilai postif bagi masyarakat. Kepolisian dalam hal ini tentunya sangat mengapresiasi," yakin dia. Diharapkan dengan acara tersebut, masyarakat kian cerdas menanggapi beredarnya hoaks, sehingga tidak terprovokasi.

Sementara, Ketua PWI Pekanbaru Agustiar menjelaskan, serangkaian acara yang digelar nantinya akan menyentuh langsung disegenap lapisan masyarakat, mulai dari kalangan anak muda (Milenial) hingga dewasa, bahkan anak-anak sekalipun.

"Kita ingin ada kegiatan positif. Pada acara nanti, kita juga akan edukasi masyarakat yang hadir, bagaimana caranya menangkal hoaks. Kita targetkan, acara ini diikuti sekitar 10 ribuan orang," katanya.

Pertemuan dengan Kapolda Riau, juga didampingi sejumlah pejabat utama, diantaranya Direktur Intelkam Kombes Trijan, Direktur Reskrimsus Kombes Gidion Arif Setyawan, Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto serta Kapolresta Pekanbaru Kombes Susanto.

Bahkan untuk menyukseskan acara nanti, Kapolresta Pekanbaru Kombes Susanto memberi dukungan penuh, dengan menurunkan personelnya secara optimal. "Kita siap, dan menyambut baik, karena acaranya digelar di Pekanbaru," singkatnya.