860 Ahli Waris Terima Santunan Kematian dari Dinsos Pekanbaru

21 Oktober 2024
Kepala Dinsos Pekanbaru Idrus. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinsos Pekanbaru Idrus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Sebanyak 860 ahli waris dari keluarga miskin menerima santunan kematian dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru sejak awal tahun hingga kini. Bantuan ini diharapkan dapat membantu keluarga yang ditinggalkan dalam menghadapi masa sulit. 

Kepala Dinsos Pekanbaru Idrus di Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Senin (21/10/2024), mengatakan, bantuan santunan kematian telah diserahkan kepada 860 keluarga yang berhak menerima. Bantuan ini diharapkan dapat terealisasi sepenuhnya dengan alokasi anggaran sebesar Rp1 miliar.

Meskipun jumlah kematian di Pekanbaru lebih dari 1.500 orang, tidak semua keluarga yang ditinggalkan menerima bantuan. 

"Ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi, terutama mereka yang terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan memenuhi syarat serta kriteria kemiskinan. Menurut hasil verifikasi tim, hanya keluarga yang memenuhi kriteria yang berhak menerima santunan kematian. Sampai hari ini, sudah ada 860 keluarga yang menerima bantuan tersebut," ungkap Idrus.

Dengan adanya bantuan ini diharapkan keluarga yang ditinggalkan dapat sedikit terbantu dalam menghadapi masa sulit. Dinsos terus berupaya agar seluruh bantuan dapat tersalurkan dengan tepat sasaran dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Program santunan kematian ini telah dijalankan Pemko Pekanbaru sejak 2023. Ahli waris dari keluarga kurang mampu menerima santunan sebesar Rp1 juta.

Program ini menjadi salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap warga yang membutuhkan. Dengan santunan kematian ini diharapkan dapat meringankan beban warga miskin di saat kehilangan orang tercinta.