2.780 Pelaku UMKM Tersebar di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru

11 Oktober 2023
Camat Marpoyan Damai Fauzan. Foto: Istimewa.

Camat Marpoyan Damai Fauzan. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Sebanyak 2.780 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tersebar di Kecamatan Marpoyan Damai. Pelaku UMKM ini mayoritas terpusat di Jalan Arifin Ahmad. 

"Pj wali kota akan meresmikan pusat UMKM di Jalan Arifin Ahmad akhir tahun ini. Program Pj Wali kota ini sangat menyentuh dan memberikan ruang bagi pelaku UMKM," kata Camat Marpoyan Damai Fauzan, Rabu (11/10/2023). 

Di Marpoyan Damai, ada 2.780 UMKM. Para pelaku UMKM ini akan di fasilitasi agar memenuhi persyaratan dan administrasi perizinan. 

"Supaya, produk mereka bisa dijual di pusat UMKM," ujar Fauzan. 

Pihak kecamatan akan membantu mengurus sertifikasi Halal, persyaratan BBPOM, NIB, dan surat keterangan domisili usaha. Walaupun, UMKM ini dibina oleh Dinas Koperasi dan UKM.

Sebelumnya, bekas rumah dinas wakil wali kota Pekanbaru akhirnya telah mulai direnovasi. Sehingga, Pemko Pekanbaru akan memiliki pusat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada tahun depan. 

"Tahun ini, kamu sudah memulai renovasi eks rumah dinas wakil wali kota menjadi pusat UMKM di Jalan Arifin Ahmad. Para pelaku UMKM Rumbai Barat bisa menitipkan produknya di pusat UMKM itu nanti," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun dalam program Bang Uun Menyapa Warga Kecamatan Rumbai Barat, di Perumnas Muara Fajar, Simpang Ikan Parang, Jalan Yos Sudarso, Kilometer 27, Sabtu (12/8/2023). 

Para pelaku wisata diarahkan membawa tamunya ke pusat UMKM ini. Sehingga, produk UMKM bisa laku dan dikenal oleh para tamu. 

Nanti akan kelihatan produk UMKM yang paling diminati wisatawan. Sehingga, produk tersebut bisa menjadi ikon kuliner Kota Pekanbaru.

"Kami sudah siapkan sarana dan prasarananya. Kami juga sudah siapkan juga kemudahan bagi pelaku UMKM yang ingin meminjam uang di Bank Pekanbaru. Kami bantu dengan memberikan subsidi bunga pinjaman sebesar 9 persen," jelas Muflihun.