240 Pedagang Menanti Renovasi Pasar Bawah Pekanbaru

240 Pedagang Menanti Renovasi Pasar Bawah Pekanbaru

12 September 2024
Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Sebanyak 240 pedagang menanti proses renovasi Pasar Bawah. Proses renovasi Pasar Bawah ditargetkan rampung pada akhir tahun ini. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Kamis (12/9/2024), mengatakan, PT Ali Akbar Sejahtera selaku pengelola Pasar Bawah dituntut untuk mempercepat pengerjaan renovasi. Agar, pasar ini dapat kembali beroperasi pada awal tahun 2025.

"Saat ini, ratusan pedagang telah ditempatkan sementara di Tempat Penampungan Sementara (TPS) di eks Pelabuhan Pelindo. Tercatat, ada 240 pedagang yang menanti penyelesaian renovasi agar dapat kembali berjualan di Pasar Bawah," ujarnya.

Pengelola pasar harus menuntaskan renovasi paling lambat awal tahun 2025. Sehingga, para pedagang bisa kembali berjualan menjelang momen Idulfitri tahun depan.

"Renovasi ini tidak hanya memperbaiki fasilitas pasar. Tetapi, pengelola juga harus memugar infrastruktur yang sudah berusia puluhan tahun," ungkap Ami, sapaan akrabnya.

Seluruh tembok pasar yang sudah tua diganti. Sedangkan struktur bangunan yang masih kuat akan tetap dipertahankan. 

"Kami tidak ingin merobohkan pasar. Jadi ini hanya merenovasi," ucap Ami.

Renovasi Pasar Bawah juga mencakup penataan kawasan di sekitarnya. Peningkatan akses jalan dan penyiapan lokasi parkir yang representatif bagi pengunjung menjadi bagian dari proyek ini.

"Parkir di kawasan tersebut nantinya akan dibuat paralel. Sehingga dapat menampung lebih banyak kendaraan," jelasnya.

Dengan renovasi ini, Pasar Bawah Pekanbaru diharapkan dapat kembali menjadi pusat perdagangan yang menarik bagi wisatawan dan masyarakat setempat. Sekaligus, Pasar Bawah dapat mendorong pertumbuhan ekonomi kota.