Pekanbaru Masih Banjir, Kepala Dinas PUPR Minta Maaf

Pekanbaru Masih Banjir, Kepala Dinas PUPR Minta Maaf

4 Oktober 2022
Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Sejumlah wilayah Pekanbaru mengalami banjir setelah diguyur hujan deras tanpa henti sejak Senin malam hingga Selasa dini hari. Akibatnya, beberapa wilayah masih tergenang banjir di bantaran Sungai Sail. 

"Saya minta maaf belum bisa menuntaskan masalah banjir. Kejadian ini sama terjadi seperti tahun lalu," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pekanbaru Indra Pomi Nasution usai meninjau banjir di permukiman warga di Jalan Dwikora, bantaran Sungai Sail, Kelurahan Suka Mulia, Kecamatan Sail, Selasa (4/10/2022) petang. 

Pantauan tim Dinas PUPR, hujan terjadi mulai pukul 19.00 WIB (Senin) hingga menjelang pagi (Selasa). Curah hujan juga sangat tinggi.

Hal yang mempengaruhi adalah ketinggian air Sungai Siak yang tidak seperti biasanya. Akibatnya, air Sungai Sail meluap. Sehingga, banjir terjadi di sejumlah wilayah Pekanbaru. 

"Meski begitu, kami tetap melakukan normalisasi hingga situasi kondusif. Hujan ini tak bisa diperkirakan seperti rencana manusia," ucap Indra Pomi. 

Dinas PUPR juga telah bekerja membersihkan sedimen dan bangunan yang menghalangi jalur air. Agar, air bisa mengalir. 

"Namun dalam 6 bulan terakhir, Pekanbaru tak banjir. Jadi memang perlu normalisasi yang rutin pada Sungai Sail hingga drainase di permukiman warga," jelas Indra Pomi.