Dewas PDAM Tirta Mulia Karimun Belajar Pengelolaan Air Bersih ke Pemko Pekanbaru

Dewas PDAM Tirta Mulia Karimun Belajar Pengelolaan Air Bersih ke Pemko Pekanbaru

3 Oktober 2022
Asisten II Setdako Pekanbaru El Syabrina. Foto: Surya/Riau1.

Asisten II Setdako Pekanbaru El Syabrina. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru menerima Dewan Pengawas (Dewas) PDAM Tirta Mulia Kabupaten Karimun (Provinsi Kepulauan Riau) pada 29 September 2022. Mereka ingin belajar terkait pengelolaan PDAM Tirta Siak yang pernah menjalani masa transisi tanpa direktur definitif. 

Asisten II Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru El Syabrina, Senin (3/10/2022), mengatakan, ia menerima kunjungan rombongan Dewas PDAM Tirta Mulia Karimun. Saat ini, kondisi PDAM Tirta Mulia Karimun sama dengan kondisi yang dulu pernah dialami oleh PDAM Tirta Siak yakni posisi pelaksana tugas (Plt) direktur dijabat oleh Dewas.

Hal lain yang dipelajari rombongan PDAM Tirta Mulia Karimun adalah tata kelola administrasi dan aset. PDAM Tirta Mulia Karimun juga pernah dikelola Dinas Pekerjaan Umum (PU).

"Sekarang, PDAM Tirta Mulia Karimun sudah berdiri sendiri. Banyak hal lain yang mereka tanyakan kepada kami," ujar El Syabrina. 

Hal lain yang ditanyakan terkait penyesuaian tarif. Ada alur yang harus dilalui. 

Loading...

"Untuk tarif air bersih, kami tidak bisa menaikkan begitu saja. Kami juga berpedoman dari payung hukum yang diberikan kementerian dan ditindaklanjuti oleh Pemprov Riau," ucap El Syabrina. 

Kemudian, Pemprov Riau membuat ambang batas atas dan bawah. Berdasarkan ambang batas atas dan bawah inilah dibuat tarif baru air bersih.