Tanam Cabai dan Bawang Solusi Pemko Pekanbaru Tekan Inflasi

Tanam Cabai dan Bawang Solusi Pemko Pekanbaru Tekan Inflasi

30 September 2022
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun (kanan) bersama kepala daerah lain. Foto: Istimewa.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun (kanan) bersama kepala daerah lain. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru telah berusaha menekan inflasi. Menanam bahan kebutuhan pokok menjadi salah satu cara untuk membantu pemerintah dalam menurunkan angka inflasi yang cukup tinggi.

"Saya selalu mengajak masyarakat untuk bisa memanfaatkan pekarangan rumah sebagai untuk menanam cabai atau pun bawang," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun usai Center menghadiri pertemuan kepala daerah se-Indonesia dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ruang Cendrawasih Jakarta Convention Center, Kamis (29/9/2022). 

Gerakan bercocok tanam ini bukan tanpa alasan. Selain bisa membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga, warga juga dapat menghemat pengeluaran belanja sehari-hari. Pasalnya, cabai dan bawang merah kerap mengalami kenaikan harga.

"Saya mengimbau masyarakat agar mau bertanam di pekarangan rumah, minimal untuk belanja hariannya bisa lepas," ujar Muflihun. 

Selain itu, para camat dan lurah diimbau untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar memanfaatkan lahan atau tanah kosong. Pemko juga akan menggelar penanaman cabai serentak di 15 kecamatan. 

Loading...

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengajak seluruh kepala daerah di Indonesia untuk kompak bersama-sama menghadapi ancaman inflasi. Persoalan krisis ekonomi yang dapat membuat inflasi terjadi dapat diatasi jika semua kepala daerah ikut ambil peran. 

"Kita harus kompak, mulai pusat, kota, kabupaten, sampai ke bawah, dan kementerian lembaga juga seperti dulu penanganan Covid. Kalau dulu Covid-19, kita bisa bersama-sama. Inflasi ini kita juga bisa bersama-sama," ujarnya.