Pemko Pekanbaru Belum Serahkan Pasar Bawah ke Pengelola Baru

Pemko Pekanbaru Belum Serahkan Pasar Bawah ke Pengelola Baru

26 September 2022
Kabid Pasar Disperindag Kota Pekanbaru Hendra Putra. Foto: Istimewa.

Kabid Pasar Disperindag Kota Pekanbaru Hendra Putra. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru belum menyerahkan pengelolaan Pasar Bawah kepada pemenang lelang, PT Ali Akbar Sejahtera (AAS). Pasalnya, ada beberapa bangunan yang direnovasi pengelola sebelumnya yakni PT Dalena Pratama Indah. 

"Pasar Bawah memang sudah diserahterimakan ke Pemko Pekanbaru oleh PT Dalena. Karena Pemko tidak punya personel untuk renovasi beberapa item di Pasar Bawah, maka kami menunjuk PT Dalena yang berpengalaman," kata Kepala Bidang (Kabid) Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Hendra Putra, Senin (26/9/2022).

Renovasi beberapa item tersebut masuk dalam proses audit, sebelum tender dimenangkan PT AAS. Saat proses renovasi, sementara tender sudah dilangsungkan, maka PT Dalena memungut biaya service charge untuk pembiayaan.

"Ada beberapa item yang PT Dalena direnovasi, misalnya keramik, plafon dan eskalator. PT Dalena mengerjakannya dengan memungut service charge untuk biaya operasionalnya, misalnya gaji karyawan, listrik, dan lainnya," jelas Hendra.

Loading...

Hal inilah yang membuat proses negosiasi dengan PT AAS belum dilakukan. Jadi, PT AAS tidak ada memungut biaya apapun kepada pedagang. 

Terkait isu yang berkembang bahwa kontrak bersama PT AAS tak kunjung dilakukan karena adanya kecacatan dalam proses audit, Hendra menilai itu informasi yang salah.