Dinkes Pekanbaru Imbau Puskesmas Waspadai Pasien Gejala Cacar Monyet

Dinkes Pekanbaru Imbau Puskesmas Waspadai Pasien Gejala Cacar Monyet

31 Agustus 2022
Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Seluruh puskesmas diminta waspada bila mendapati pasien dengan gejala yang mirip cacar monyet. Petugas puskesmas harus segera melaporkan indikasi cacar monyet ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru.

"Sampai saat ini, kami belum menemukan kasus cacar monyet. Kami juga menanti arahan kementerian kesehatan terkait langkah antisipasi virus ini," kata Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy, Rabu (31/8/2022).

Masyarakat diminta mewaspadai gejala virus cacar monyet. Gejala tersebut berupa ruam di muka, tangan, genital, hingga kaki.

"Mereka yang mengalami ruam di bagian tangan mesti mewaspadai penularan cacar monyet. Apalagi saat pasien juga mengalami demam serta pembesaran kelenjar getah bening," jelas Dokter Bob, sapaan akrabnya.

Penularan cacar monyet lewat virus ini harus diwaspadai karena belum ada obat maupun terapi spesifiknya. Ada kemungkinan, pasien bisa sembuh dua hingga tiga pekan. 

Masyarakat bisa mengantisipasi penularan dari udara dengan mengenakan masker. Virus bisa menular lewat udara dari pasien yang mengidap cacar monyet.