Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Sebut Jalan yang Rusak Hanya 25 Persen

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Sebut Jalan yang Rusak Hanya 25 Persen

14 Juli 2022
Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru mengklaim bahwa jalan yang rusak hanya sekitar 25 persen dari 1.946 ruas jalan. Kerusakan jalan itu terdiri dari rusak ringan, sedang, hingga berat. 

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Kamis (14/7/2022), menguraikan, ada 1.946 ruas jalan dengan total panjang 1.277 kilometer yang menjadi kewenangan pemerintah kota. Dari jumlah itu 74,5 persen dalam kondisi baik.

"Jalan dalam kondisi rusak berat itu di angka 25 persen. Jadi, yang 25 persen ini kami perbaiki," ujarnya. 

Perbaikan dilakukan dengan melakukan tambal sulam dan overlay (pelapisan ulang) pada tahun ini. Beberapa ruas jalan yang telah dilakukan tambal sulam di antaranya, Jalan Swakarya, Jalan Delima, Jalan Inpres, Jalan Bandeng, Jalan Puyuh, dan Jalan Garuda. Kemudian, ada Jalan Belimbing, Jalan Samarinda, Jalan Paus, Jalan Damai, Jalan Mustika, Jalan Sumatera, Jalan Sisingamangaraja, dan beberapa ruas jalan lainnya.

Saat ini, ruas jalan dalam kondisi baik cukup tinggi dibandingkan dengan rata-rata nasional. Jalan dalam kondisi mantap lebih kurang di angka 74,5 persen di Pekanbaru. 

"Ini sudah sangat tinggi dibandingkan rata-rata nasional yang hanya 60 persen," sebut Indra Pomi.