Kartu Uji KIR Terbaru Terhubung ke Sistem Kamera ETLE di Pekanbaru

Kartu Uji KIR Terbaru Terhubung ke Sistem Kamera ETLE di Pekanbaru

11 Juli 2022
Kepala UPT PKB Dishub Kota Pekanbaru Zulfahmi. Foto: Surya/Riau1.

Kepala UPT PKB Dishub Kota Pekanbaru Zulfahmi. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Kartu Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) telah terhubung dengan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di kepolisian. Dengan sistem ini, identitas kendaraan akan terbaca saat melintasi kamera ETLE. 

"Pada BLUe ini ada hologram yang ditempelkan pada kaca kendaraan. Pada hologram, ada barcode yang bisa dideteksi ETLE untuk mengetahui identitas kendaraan," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Zulfahmi, Senin (11/7/2022).

Masa berlaku kartu BLUe baru ini bisa sampai tiga tahun atau sebanyak enam kali pengujian KIT. Hal ini juga meringankan beban pemilik kendaraan dalam biaya penerbitan kartu baru.

"Kalau kartu sebelumnya hanya untuk satu tahun atau dua kali pengujian. Tapi kartu sekarang berlaku sampai enam kali pengujian. Artinya selama tiga tahun tidak perlu beli kartu KIR lagi, kecuali hilang," jelas Zulfahmi. 

Kartu BLUe yang baru diterima dari pemerintah pusat sebanyak 25.000 keping. Jumlah ini bisa memenuhi kebutuhan satu tahun ke depan.