Saluran Air PT PHR Meluber ke Jalan Harmonis Pekanbaru, Aspal Rusak Berat

28 Juni 2022
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun bersama Kepala Dinas PUPR Indra Pomi saat meninjau perbaikan Jalan Harmonis di Kelurahan Limbungan Baru, Kecamatan Rumbai, Selasa (28/6/2022). Foto: Istimewa.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun bersama Kepala Dinas PUPR Indra Pomi saat meninjau perbaikan Jalan Harmonis di Kelurahan Limbungan Baru, Kecamatan Rumbai, Selasa (28/6/2022). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Saluran air yang berasal dari PT Pertamina Hulu Rokan (sebelumnya Chevron Pacific Indonesia) meluber ke Jalan Harmonis (di sebelah Jalan Sekolah), Kelurahan Limbungan Baru, Kecamatan Rumbai. Akibatnya, jalan rusak berat dan telah dua kali diaspal ulang. 

Kondisi Jalan Harmonis ini ditinjau langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Selasa (28/6/2022). Ia mengungkapkan, Jalan Harmonis rusak akibat genangan air saat hujan. Kondisi drainase sangat jorok. Apalagi, anak sungai juga menyempit. 

"Genangan air bersumber dari aktivitas PT PHR. Kami beserta pihak DPRD akan melaksanakan audiensi dengan pihak PT PHR terkait genangan air tersebut. Salah satu solusinya kami minta bantuan mereka untuk membangun bak penampungan air sementara," ucapnya. 

Warga Jalan Harmonis juga diimbau terus bergotong royong membersihkan parit jalan. Pemko juga terus bekerja meminimalisir jalan yang rusak parah.

"Kondisi APBD minim untuk perbaikan jalan. Tapi, saya berusaha untuk memaksimalkan potensi yang ada untuk Pekanbaru lebih baik," kata Muflihun. 

Sementara itu, Iwan, warga sekitar Jalan Harmonis, mengatakan, jalan ini tergenang saat curah hujan tinggi. Aliran air yang tinggi berasal dari aktivitas PT PHR. 

Dulu pihak Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) sudah beraudiensi dengan Chevron. Pihak Chevron berkomitmen membangun penampungan air sementara.

"Sekarang sudah berubah menjadi PT PHR. Jadi, kami tunggu komitmennya apakah masih sama," ucap Iwan. 

Jalan Harmonis sendiri sudah dua kali diaspal. Namun, genangan air menyebabkan jalan rusak kembali.

"Keluhan dan usulan warga ditampung Pj wali kota. Semoga semua rencana baik yang diagendakan dapat segera direalisasikan," harap Iwan.