Masa Jabatan Tinggal Beberapa Jam Lagi, Wali Kota Pamit ke DPRD Pekanbaru

Masa Jabatan Tinggal Beberapa Jam Lagi, Wali Kota Pamit ke DPRD Pekanbaru

20 Mei 2022
Wali Kota Pekanbaru Firdaus mendapat cendera mata berupa karikatur dari pimpinan DPRD sebagai tanda perpisahan, Kamis (19/5/2022). Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus mendapat cendera mata berupa karikatur dari pimpinan DPRD sebagai tanda perpisahan, Kamis (19/5/2022). Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Masa jabatan Wali Kota Pekanbaru Firdaus dan Wakil Wali Kota Ayat Cahyadi tersisa dua hari lagi. Pasangan kepala daerah dua periode ini pun pamit ke anggota DPRD Pekanbaru, Kamis (19/5/2022) malam. 

Awalnya, Wali Kota Pekanbaru Firdaus membacakan jawaban Pemko Pekanbaru terhadap pandangan umum Fraksi DPRD tentang LKPJ dan dua ranperda. Sebelumnya, pandangan umum ini disampaikan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Fraksi Gerindra Plus, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi PAN, Fraksi PDIP, Fraksi Partai Hanura-Nasdem, dan Fraksi Golkar.

Dari pandangan umum yang disampaikan, ada tiga aspek yang menjadi perhatian. Tiga hal itu adalah saran untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintah ke depan, pernyataan atas penyelenggaraan pemerintahan selama satu tahun yang lalu, serta kritikan atas kelemahan-kelemahan yang terjadi.

"Perlu kami sampaikan bahwa jawaban yang disampaikan belum terinci. Tapi tidak menutup kemungkinan bagi anggota DPRD untuk mendalaminya pada masing-masing perangkat daerah di Pemko Pekanbaru," ujar Firdaus.

Sebelum menutup pidatonya, Wali Kota Pekanbaru Firdaus menyampaikan permintaan maaf bila ada kebijakan atau perkataan yang tergores di hati anggota DPRD. Karena, ia bersama Ayat Cahyadi akan kembali menjadi rakyat biasa.

"Masa jabatan saya tinggal 30 jam lagi. Kami berdua mohon maaf bila ada perkataan yang tergores di hati selama menjabat," ucapnya. 

Sebagai kata penutup, Firdaus menambahkan bahwa pembangunan Kota Pekanbaru ini tidak bisa dilakukan oleh kepala daerah saja. Tetapi, pembangunan itu dapat dilakukan masukan dan kritikan umarah, ulama, dan ummat. 

Usai rapat paripurna, Wali Kota Pekanbaru Firdaus bersama Wakil Wali Kota Ayat Cahyadi mendapat kenang-kenangan dari anggota DPRD. Cendera mata itu berapa karikatur Firdaus dan Ayat Cahyadi dengan pakaian dinas putih. Kemudian, anggota DPRD foto bersama Firdaus dan Ayat Cahyadi di luar ruang rapat.