Pemko Pekanbaru Ingin Lulusan UIN Suska Jadi Tenaga Kerja yang Unggul

Pemko Pekanbaru Ingin Lulusan UIN Suska Jadi Tenaga Kerja yang Unggul

12 Mei 2022
Wali Kota Pekanbaru Firdaus melihat MoU bersama Rektor UIN Suska Riau Profesor Khairunnas Rajab, Rabu (11/5/2022). Foto: Istimewa.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus melihat MoU bersama Rektor UIN Suska Riau Profesor Khairunnas Rajab, Rabu (11/5/2022). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska). Dengan nota kesepahaman ini, lulusan UIN Suska diharapkan dapat menjadi tenaga kerja yang unggul. 

Untuk langkah awal, Rektor UIN Suska Riau Profesor Khairunnas Rajab menandatangani MoU dengan Pemko Pekanbaru bersama Wali Kota Firdaus di Auditorium Rektorat UIN Suska, Rabu (11/5/2022). Selain itu, penandatangan Memorandum Of Agreement (MoA) juga dilakukan antara Dekan Fakultas Pertanian UIN Suska dengan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru.

Usai penandatanganan MoU, Firdaus menyampaikan capaian selama sepuluh tahun kepemimpinannya di Kota Pekanbaru di hadapan civitas akademika UIN Suska. Capaian program bersama Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi merupakan fondasi dalam menghadapi tantangan global ke depannya.

"Saya mempersiapkan infrastruktur hingga Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Apalagi, Indonesia akan menghadapi tantangan yang besar dari dunia, terutama ekonomi dan teknologi," ujarnya. 

Indonesia diprediksi menjadi negara besar di tahun 2045. Hal ini sudah terlihat saat ini dimana pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat.

"Amanah konstitusi dan visi negara adalah menjamin kesejahteraan bangsa dan untuk mencapai itu salah satu kuncinya bagaimana mencerdaskan bangsa. Pencerdasan bangsa ini rohnya adalah bagaimana membangun Smart City. Pekanbaru sudah memulainya," ucap Firdaus. 

Kota Pekanbaru sudah dinobatkan menjadi Smart City peringkat tiga nasional dari ratusan kabupaten/kota di Indonesia. Ini adalah bukti bahwa pemanfaatan SDM yang unggul sudah membuahkan hasil yang cukup positif. Ada peluang besar agar masyarakat Pekanbaru tetap menjadi tuan rumah di rumahnya sendiri. 

"Sebagai contoh, Kawasan Industri Tenayan (KIT) yang dibangun akan membuka peluang 150 ribu tenaga kerja dan itu diharapkan dapat diisi oleh anak-anak Pekanbaru dan Riau khususnya. Untuk itu, kami memberi tantangan kepada UIN Suska Riau untuk bisa mencipta tenaga kerja unggul dari para alumninya guna ikut menjawab tantangan ke depan," harap Firdaus.