Dispusip Pekanbaru Survei Kebutuhan Buku Pembaca

29 April 2022
Ilustrasi buku. Foto: Istimewa.

Ilustrasi buku. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru telah berupaya menambah koleksi buku perpustakaan melalui berbagai cara, seperti pengadaan maupun hibah buku. Namun, Dispusip tidak mengetahui secara pasti mengenai buku yang benar-benar diinginkan dan dibutuhkan oleh pemustaka.

"Maka dari itu, kami melaksanakan survei untuk menentukan pengadaan koleksi buku berdasarkan kebutuhan masyarakat. Banyaknya jenis dan jumlah bahan pustaka menjadi sebuah tantangan bagi pustakawan," kata Kepala Dispusip Pekanbaru Nelfiyonna, Sabtu (29/4/2022).

Dispusip harus bisa memilih bahan pustaka yang cocok dan memenuhi kebutuhan pemakainya. Dispusip mensinkronkan antara pengetahuan masyarakat dengan koleksi yang tersedia di perpustakaan, yakni dengan survei.

"Kami memperbarui buku-buku perpustakaan merupakan suatu hal yang penting dilakukan. Semakin banyak buku yang ditawarkan, maka akan semakin senang pembaca untuk datang. Maka dari itu, perlu untuk menyesuaikan koleksi dan variasi buku dengan kondisi zaman saat ini," ucap Nelfiyonna.