JCH Pekanbaru Harus Jalani Vaksinasi Meningitis di Puskesmas Mulai 11 April 2022

JCH Pekanbaru Harus Jalani Vaksinasi Meningitis di Puskesmas Mulai 11 April 2022

9 April 2022
Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru akan melakukan penyuntikan vaksin meningitis bagi jemaah calon haji (JCH). Penyuntikan vaksin ini guna memberikan perlindungan bagi JCH dari penyakit menular selama melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi.

"Pemberian vaksin meningitis ini kami pusatkan di Puskesmas Simpang Tiga, Kecamatan Marpoyan Damai pada 11-15 April. Jadwal vaksinasi akan dibagi per puskesmas," kata Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy, Sabtu (9/4/2022).

Pemberian vaksinasi meningitis ini hanya bagi para JCH yang sudah melaksanakan pemeriksaan kesehatan ulangan di Puskesmas Pekanbaru Kota. Hal ini harus dibuktikan dengan diterbitkannya lembar Berita Acara penetapan Istithaah Kesehatan Haji Tahun 2022 yang ditandatangani Ketua Tim Penyelenggaraan Kesehatan Haji (TPKH) Kota Pekanbaru.

"Para JCH juga sudah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH)," ujar Dokter Bob, sapaan akrabnya.

Guna kelengkapan administrasi, JCH diminta membawa fotokopi lembar berita acara penetapan Istithaah Kesehatan Haji, fotokopi BPIH, dan pas foto warna ukuran 4 x 6 sebanyak 1 lembar. Para JCH dianjurkan sahur terlebih dahulu sebelum divaksin. 

Mengingat Kota Pekanbaru masih dalam pandemi Covid-19, maka para JCH diwajibkan menjalankan protokol kesehatan dan memakai masker di lokasi vaksinasi. JCH juga diimbau datang sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.