Bangun Jembatan Siak V, Pemko Pekanbaru Harapkan Dana Hibah MCC

Bangun Jembatan Siak V, Pemko Pekanbaru Harapkan Dana Hibah MCC

9 Februari 2022
Direktur PT Sarana Pembangunan Pekanbaru Heri Susanto. Foto: Surya/Riau1.

Direktur PT Sarana Pembangunan Pekanbaru Heri Susanto. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru berharap mendapat dana hibah dari program Millennium Challenge Compact (MCC) Pemerintah Amerika Serikat. Dana hibah ini guna membangun Jembatan Siak V dan jalan lingkar luar (outer ring road).

"Di samping pembangunan infrastruktur dalam KIT, kami juga mengusulkan akses pendukung. Akses pendukung itu berapa jalan dan jembatan menuju KIT," kata Direktur PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP) Heri Susanto, Rabu (9/2/2022).

Pemko Pekanbaru bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Provinsi Riau mengusulkan dua proyek guna mendukung KIT. Dua proyek itu diusulkan ke beberapa program, salah satunya program hibah Millennium Challenge Compact (MCC) dari Pemerintah Amerika Serikat. 

"MCC ini merupakan program hibah untuk membangun infrastruktur," jelas Heri.

Dua proyek diusulkan pada dana hibah MCC tersebut. Pertama, proyek Jembatan Siak V dengan anggaran Rp663 miliar. Jembatan ini berupa cable stayed (seperti Jembatan Siak IV). 

Proyek kedua adalah jalan lingkar dari Jembatan Siak V menuju ke pintu Tol Pekanbaru-Dumai dengan panjang sekitar 12,9 kilometer. Anggarannya sekitar Rp460 miliar. 

"Gubernur Riau sangat mendukung. Kami harap program ini bisa diraih," harap Heri.