Tertunda 2 Tahun, Pemko Pekanbaru Akan Lanjutkan Bangun Tugu Roda Terbang

Tertunda 2 Tahun, Pemko Pekanbaru Akan Lanjutkan Bangun Tugu Roda Terbang

24 Januari 2022
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru menganggarkan pembangunan Tugu Roda Terbang untuk kali ketiga. Pembangunan Tugu ini sempat tertunda pada 2020 dan 2021 akibat pergeseran anggaran untuk penanganan Covid-19.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Senin (24/1/2022), mengatakan, semangat kerja Pemko Pekanbaru dilambangkan dengan Tugu Roda Terbang. Semangat yang dinamis ini tergambar dalam tugu tersebut. 

"Tugu itu dibangun di bundaran dekat pintu masuk Kompleks Perkantoran Tenayan Raya," ujarnya.

Pembangunannya sudah tertunda dua tahun. Hal ini dikarenakan adanya anggaran yang harus direfocusing untuk penanganan Covid-19. 

"Kalau tidak ada lagi penganggaran untuk Covid-19, kami akan lanjutkan pembangunan Tugu Roda Terbang," ucap Firdaus. 

Sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru tetap menganggarkan pembanguan Tugu Roda Terbang tahun ini. Meski begitu, pembangun tugu ini belum dapat dipastikan. 

"Tugu tersebut akan dibangun setelah kondisi keuangan membaik. Maka dari itu, pembangunannya belum bisa kami pastikan," kata Sekretaris Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah, Kamis (13/1/2022).

Anggaran Tugu Roda Terbang tidak mengalami perubahan. Total anggaran sesuai Detail Engineering Design (DED) mencapai Rp13 miliar. 

Sebagaimana diketahui, Dinas PUPR merencanakan pembangunan Tugu Roda Terbang pada tahun lalu. Tugu ini akan dibangun di salah satu bundaran Kompleks Perkantoran Tenayan Raya.

Namun, pembangunan urung dilakukan. Pasalnya, sebagian besar keuangan Pemko Pekanbaru dialihkan untuk penanganan Covid-19.