PPKM Level 3 Saat Libur Nataru, Pemko Pekanbaru Kembali Aktifkan Posko Covid-19

PPKM Level 3 Saat Libur Nataru, Pemko Pekanbaru Kembali Aktifkan Posko Covid-19

2 Desember 2021
Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi. Foto: Surya/Riau1.

Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemprov Riau bersama 12 kepala daerah telah membahas rencana penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Salah satu perintah Gubernur Riau Syamsuar adalah pengaktifan kembali posko-posko Covid-19. 

"Saya mengikuti rapat tentang rencana PPKM level 3 di masa libur Nataru. Ada tiga arahan gubernur dalam rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Gedung Daerah kemarin," kata Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Kamis (2/12/2021). 

Perintah pertama yaitu pengaktifan kembali posko-posko Covid-19 hingga ke tinggal kelurahan. Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sudah diperintahkan untuk mengaktifkan kembali posko-posko yang tersebut. 

"Perintah gubernur yang kedua yakni melakukan imbauan kepada seluruh warga untuk menaati protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, serta meningkatkan imun (daya tahan tubuh). Perintah yang ketiga, melakukan tracing (pelacakan kontak) dan meningkatkan testing (pemeriksaan dini bagi warga yang memiliki gejala positif Covid-19) ditingkatkan," papar Ayat.

Salah satu testing itu telah dilakukan di SMP dan SMA Islamic School Abdurrab. Penyebaran Covid-19 terdeteksi  26 November. 

Loading...

"Kejadian yang kemarin cukup di satu tempat itu saja. Saya mengucapkan terima kasih kepada Satgas Covid-19 yang cepat mengambil tindakan," ucap Ayat.

Apalagi, para pelajar sekolah itu sudah divaksin. Sehingga, dampaknya tidak terlalu berat.