Pemko Pekanbaru Kerja Sama dengan Pemkab Tanah Datar, Saling Manfaatkan Potensi Daerah

28 September 2021
Wali Kota Pekanbaru Firdaus menyerahkan cindera mata kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra pada 27 September 2021. Foto: Humas Pemko Pekanbaru.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus menyerahkan cindera mata kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra pada 27 September 2021. Foto: Humas Pemko Pekanbaru.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru mempertegas kerja sama dengan Pemkab Tanah Datar dalam bentuk kolaborasi dinas teknis dan perusahaan-perusahaan daerah pada 27 September 2021. Kedua belah pihak mencoba memanfaatkan potensi masing-masing daerah baik dari hulu hingga hilir agar saling menguntungkan. 

"Ini juga balasan kunjungan Pemko Pekanbaru pada Juni lalu. Sebelumnya, kami dan Pemkab Tanah Datar telah meneken nota kesepahaman (MoU) di berbagai sektor, termasuk sumber daya alam, teknologi, pariwisata, pelayanan, dan birokrasi," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Selasa (27/9/2021). 

Potensi wisata Kabupaten Tanah Datar sebagai daerah pertanian bisa dikombinasikan dengan Kota Pekanbaru yang merupakan kota jasa. Jadi, hasil panen padi yang ditanam di Kabupaten Tanah Datar dijual di Pekanbaru.

"Termasuk sayuran yang ditanam di sana. Pengolahan sayurnya bisa di Pekanbaru untuk dipasarkan," ucap Firdaus. 

Dengan adanya MoU ini, kedua belah pihak bisa menghasilkan capaian positif di berbagai sektor. Sehingga, potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) kedua daerah bisa dikombinasikan untuk meraih keuntungan. 

Sebagaimana diketahui, Pemko Pekanbaru dan Pemkab Tanah Datar sama-sama meraih penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award 2021. Sehingga, kedua pemerintah daerah ini perlu berkolaborasi untuk hasil capaian positif bagi kedua daerah ini.