Kejar Target Vaksin 650.000 Warga, Pemko Pekanbaru Butuh Banyak Relawan

Kejar Target Vaksin 650.000 Warga, Pemko Pekanbaru Butuh Banyak Relawan

21 Mei 2021
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru membutuhkan banyak relawan guna menyelesaikan vaksinasi massal. Pasalnya, ada sekitar 650.000 warga Pekanbaru lagi yang harus divaksin hingga akhir Desember 2021.

"Kami tidak ada menggunakan pihak ketiga dalam vaksinasi massal. Itu masyarakat yang berpartisipasi," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Riau, Jumat (21/5/2021). 

Mestinya, para relawan vaksinasi massal ini harus didukung. Saat ini, vaksinasi massal hanya didukung dua atau tiga kelompok relawan.

"Kami berharap ada kelompok relawan lagi yang bergabung. Jangan disalah artikan dengan pihak ketiga. Karena, konotasinya kami menyewa atau membayar mereka," ucap Firdaus. 

Pemko Pekanbaru bersyukur ada masyarakat membentuk tim relawan. Karena, ada 650 ribu lagi yang divaksin hingga Desember nanti. Dengan perkiraan, 100.000 orang divaksin setiap bulan.

"Kalau Dinas Kesehatan saja yang bekerja maka tidak akan cukup. Kalau kita serahkan vaksinasi ini kepada 21 puskesmas ditambah 27 rumah sakit, itu hanya bisa memvaksin 100 orang tiap hari. Belum lagi tim nakes itu berbenturan dengan dinas yang lain," terang Firdaus. 

Makanya, vaksinasi massal ini harus dilakukan untuk melakukan percepatan. Maka, Pemko Pekanbaru butuh masyarakat untuk mendukung dalam bentuk relawan.