Eks GM Garuda Indonesia Dilantik Jadi Direktur PDAM Pekanbaru H-3 Lebaran

7 Mei 2021
Agung Anugrah, calon Direktur PDAM Tirta Siak Pekanbaru. Foto: Istimewa.

Agung Anugrah, calon Direktur PDAM Tirta Siak Pekanbaru. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Agung Anugrah, eks General Manager (GM) Garuda Indonesia cabang Pekanbaru akan dilantik sebagai Direktur PDAM Tirta Siak pada 10 Mei 2021. Agung resmi lepas dari manajemen Garuda Indonesia setelah surat pengunduran dirinya diproses selama 28 hari kerja.

"Kami akan melantik Agung sebagai Direktur PDAM Tirta Siak hari Senin nanti," kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru El Syabrina di Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Jumat (7/5/2021). 

Diberitakan sebelumnya, Agung Anugrah terpilih sebagai Direktur PDAM Tirta Siak Pekanbaru setelah melalui rangkaian seleksi pada Maret 2021 lalu. Namun, Agung belum bisa dilantik karena Pemko Pekanbaru belum menerima surat pernyataan pengunduran dirinya hingga kini. 

"Kami masih menunggu surat pernyataan bahwa dia sudah mengundurkan diri dari perusahaan maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Setelah kami terima, baru ia bisa dilantik," kata El Syabrina pada 23 April lalu. 

Agung meminta waktu 28 hari kerja. Karena, hal itu sesuai prosedur di manajemen Garuda Indonesia. 

GM Garuda Indonesia Cabang Pekanbaru Agung Anugrah terpilih sebagai Direktur PDAM Tirta Siak Pekanbaru. Namun, Agung belum bisa dilantik karena surat pengunduran dirinya belum diterima perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Agung merupakan GM di salah satu BUMN (perusahaan maskapai Garuda Indonesia). Pelantikan akan dilakukan setelah Agung resmi keluar dari perusahaan BUMN itu. 

Agung dipilih karena dinilai bagi di bidang manajemen. Riwayat karir manajemennya juga bagus.

Sebelumnya, tiga orang dinyatakan lolos penilaian dari panitia seleksi (pansel) direktur PDAM Tirta Siak Pekanbaru. Salah satu orang yang lolos tersebut masih menjabat Direktur PDAM Tirta Siak Kemas Yusferi.

Awalnya, seleksi dirut PDAM ini diikuti tubuh orang. Namun di tengah perjalanan, satu orang mengundurkan diri. 

Satu peserta yang mengundurkan diri itu ternyata lolos seleksi sebagai Direktur PDAM Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar). Akhirnya, seleksi enam orang calon Direktur PDAM Tirta Siak dilanjutkan. 

Hasil seleksi, tiga orang dinyatakan lolos. Ketiga calon direktur ini punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Ketiganya cukup berpengalaman. 

Dari tiga calon direktur PDAM itu, salah satunya masih menjabat yaitu Kemas Yusferi. Masa jabatan Kemas akan berakhir pada 28 Maret 2021.

Pemko Pekanbaru melakukan proses asesmen untuk jabatan direktur PDAM Tirta Siak, Senin (15/2/2021). Pasalnya, masa jabatan direktur sebelumnya, Kemas Yuzferi akan berakhir pada 28 Maret 2021. Kini, Kemas sudah pensiun karena tak terpilih dalam seleksi direktur PDAM. 

Jabatan Kemas Yuzferi sebagai Direktur PDAM Tirta Siak telah diperpanjang lebih dari satu kali. Menurut regulasinya, masa jabatan Kemas tak bisa diperpanjang lagi. 

Ia harus mengikuti seleksi lagi. Kali ini, Kemas tak terpilih. Karena, Pemko Pekanbaru mencari generasi muda untuk memimpin PDAM Tirta Siak.