Respon Banjir di Pekanbaru, BWSS Kemen PUPR Akan Normalisasi Sungai Sail

Respon Banjir di Pekanbaru, BWSS Kemen PUPR Akan Normalisasi Sungai Sail

10 April 2021
Pasukan kuning  Dinas PUPR Pekanbaru saat membersihkan endapan lumpur di Sungai Sail. Foto: Surya/Riau1.

Pasukan kuning Dinas PUPR Pekanbaru saat membersihkan endapan lumpur di Sungai Sail. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) akan melakukan normalisasi Sungai Sail. Hal ini sebagai bentuk respon BWSS guna membantu Pemko Pekanbaru menangani banjir. 

"Kami merespon banjir yang terjadi pada 27 Maret lalu. Banjir saat itu sempat menggenangi beberapa perumahan di Kecamatan Bukit Raya," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Sabtu (10/4/2021). 

Ia sudah berkomunikasi dengan kepala BWSS dalam rapat di Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya pada 9 April. Hasil komunikasi itu, BWSS akan melakukan normalisasi Sungai Sail di sekitar Perumahan Kuantan Regency, Kelurahan Bambu Kuning, Kecamatan Tenayan Raya. 

"Karena berdasarkan hasil pantauan dengan drone, ada dua titik penyempitan Sungai Sail yaitu di sekitar Perumahan Kuantan Regency dan Perumahan Jondul. Mereka akan menindaklanjuti dengan melakukan normalisasi Sungai Sail," ucap Indra Pomi. 

Namun, proses normalisasi ini butuh sosialisasi kepada masyarakat yang terdampak banjir. Makanya, peran camat dan lurah dibutuhkan.

"Intinya, kami harus menjaga sempadan sungai agar tidak dibangun masyarakat," tutur Indra Pomi.