Dishub Pekanbaru Renovasi 40 Halte Bus TMP Tahun Ini, Sudirman Green City Walk Diperpanjang

9 Februari 2021
Kepala Bidang Angkutan Dishub Pekanbaru Khairunnas. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Pekanbaru Khairunnas. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru akan merenovasi halte bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) tahun ini. Kementerian Perhubungan telah menyiapkan anggaran Rp15 miliar untuk renovasi dan pembangunan halte baru. 

Kepala Bidang Angkutan Dishub Pekanbaru Khairunnas, Selasa (9/2/2021), mengatakan, pihaknya berhasil melobi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubda) untuk renovasi halte bus TMP. Ada sekitar 40 halte yang direnovasi.

"Kemenhub akan membantu kami Rp15 miliar. Saat ini, renovasi dan pembangunan halte baru itu sedang tahap lelang," ujarnya. 

Pembangunan halte baru itu menggantikan yang masih portabel (berupa tangga untuk naik ke bus TMP). Saat ini, ada 70 halte bus TMP di seluruh Pekanbaru, termasuk yang portabel.

Anggaran Rp15 miliar dari Kemenhub ini tak hanya untuk halte. Namun, anggaran ini juga untuk lanjutan pembangunan Sudirman Green City Walk (trotoar berukuran lebar yang dihiasi bangku dan lampu taman). Trotoar ini baru dibangun mulai dari persimpangan Jalan Tuanku Tambusai melintasi Mal Pelayanan Publik (eks kantor wali kota Pekanbaru) hingga ke persimpangan Jalan Cut Nyak Dien (depan kantor gubernur Riau). 

"Kemenhub akan melanjutkan pembangunan trotoar Sudirman Green City Walk hingga ke persimpangan Jalan Pattimura. Sedangkan di sisi lain, pembangunan trotoar dilanjutkan mulai dari depan Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri hingga ke persimpangan Jalan Pangeran Hidayat," papar Khairunnas.