Proyek SPAM Pekanbaru-Kampar, Tak Hanya Alirkan Air Bersih Tapi Bisa Langsung Diminum

19 November 2020
Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi. Foto: Surya/Riau1.

Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Gubernur Riau Syamsuar mengumumkan pembangunan proyek Sistem Penyaluran Air Minum (SPAM) mulai dari Kabupaten Kampar hingga ke Kota Pekanbaru, Kamis (19/11/2020). Proyek SPAM ini tak hanya membangun jaringan perpipaan untuk air bersih tapi juga bisa langsung diminum.

Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi usai peresmian Groundbreaking SPAM di Hotel Pangeran mengatakan, proyek pemasangan pipa saluran air bersih akan dibangun di tiga kecamatan yaitu Tampan, Marpoyan Damai, dan Bukit Raya. Sedangkan di Kabupaten Kampar juga dibangun di Kecamatan Tambang dan Siak Hulu.

"Total keseluruhan, 102.000 sambungan rumah (SR) di Pekanbaru dan Kampar. Kami mengucapkan terima kasih kepada gubernur Riau," ucapnya.

Karena, pelaksana proyek ini adalah PT Sarana Pembangunan Riau (SPR), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR Riau), dan bupati Kampar. Sehingga, proyek ini bisa terlaksana. Waduk SPAM ini berada di Kecamatan Tambang dengan luas 2,1 hektare. Rencana pengerjaan sekitar 5 tahun. 

"Setelah itu, warga Pekanbaru bisa menikmati air bersih oleh masyarakat Pekanbaru, khususnya di tiga kecamatan. Bukan hanya bersih, air ini juga bisa langsung diminum," ungkap Ayat.