Pemko Pekanbaru Izinkan Sekolah Tatap Muka saat Covid-19 Meningkat, Dewan Pendidikan Riau: Jangan Sampai Menyesal

Pemko Pekanbaru Izinkan Sekolah Tatap Muka saat Covid-19 Meningkat, Dewan Pendidikan Riau: Jangan Sampai Menyesal

5 Agustus 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

riau1.com/">RIAU1.COM - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mengambil kebijakan untuk mengizinkan kegiatan riau1.com/tag/belajar >belajar mengajar tatap muka di riau1.com/tag/sekolah >sekolah di tengah riau1.com/tag/pandemi >pandemi Covid-19 ini, dengan jadwal satu kali pertemuan dalam sepekan, dan jumlah siswa dalam kelas hanya 50 persen.

Langkah ini diambil, mengingat masyarakat yang mulai mengelauh dengan riau1.com/tag/belajar >belajar sistem online yang tidak bisa diikkuti semua siswa karena keterbatasan ekonomi dan akses internet.

Selain itu, asosiasi riau1.com/tag/sekolah >sekolah swasta juga mengadu ke Pemko Pekanbaru, karena kesulitan dengan adanya sistem riau1.com/tag/belajar >belajar online atau daring ini.

Menyikapi hal itu, Ketua Dewan Pendidikan Riau, Zulkarnain Nurdin mengakui, ini suatu masalah sangat dilematis. Banyak persoalan yang dikeluhkan terkait riau1.com/tag/sekolah >sekolah online.

"Hari ini kita tau, keluhan masyarakat ibu-ibu dengan riau1.com/tag/sekolah >sekolah online, banyak persoalan, khsusnya daerah terpencil yang susah internet dan biaya," kata Zulkarnain kepada Riau1.com (Riau24 Group), Rabu 5 Agustus 2020.

"Secara psikologis, karena terlalu lama riau1.com/tag/sekolah >sekolah online siswa menjadi bosan. Terlebih banyak dilihat mal buka, tapi riau1.com/tag/sekolah >sekolah tutup," tambahnya.

Dilain pihak, Zulkarnain menuturkan, juga ada persoalan dalam penanganan Covid-19. Bahkan, belakangan muncul peningkatan Covid-19 di Riau.

"Saran saya, kebijakan riau1.com/tag/sekolah >sekolah tatap muka ini ditinjau ulang, jangan sampai kebijakan ini menimbulkan penyesalan kemudian hari," tuturnya.

"Harus dikaji betul oleh ahli yang bisa memberikan rekomendasi yang nanti jadi pijakan bagi semua pihak dalam menerapkan kebijakan riau1.com/tag/sekolah >sekolah tatap muka," tegasnya.