18 Pegawai Disdukcapil Pekanbaru Negatif Setelah Sempat Disinggahi Pasien Positif Corona

18 Pegawai Disdukcapil Pekanbaru Negatif Setelah Sempat Disinggahi Pasien Positif Corona

7 Juli 2020
Salah seorang tenaga harian lepas (THL) Disdukcapil Pekanbaru saat menjalani pemeriksaan swab, Senin (6/7/2020). Foto: Surya/Riau1.

Salah seorang tenaga harian lepas (THL) Disdukcapil Pekanbaru saat menjalani pemeriksaan swab, Senin (6/7/2020). Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Sebanyak 18 pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dinyatakan negatif corona hari ini. Sebelumnya, para pegawai ini menjalani pemeriksaan swab karena sempat berkontak dengan pasien positif corona, Senin (6/7/2020).

Kabag Humas Pemko Pekanbaru Mas Irba Sulaiman, Selasa (7/7/2020), mengatakan, hasil swab 18 pegawai Disdukcapil sudah diterima. Hasilnya, seluruhnya negatif corona.

"Saya sudah mendapat hasil swab 18 pegawai Disdukcapil hari ini. Seluruhnya negatif," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru Maisel Fidayesi mengatakan, hasil pemeriksaan swab bagi para pegawai Disdukcapil ini diprioritaskan diumumkan secepatnya. Ia sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

"Tolong ditulis prioritas," ucapnya kepada petugas medis saat pemeriksaan swab di Kantor Disdukcapil.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Pekanbaru Firdaus memerintahkan penutupan kantor Disdukcapil mulai tanggal 6 Juli hingga 8 Juli. Pasalnya, ada pasien positif corona yang sempat mengurus administrasi kependudukan.

Menurut pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Pekanbaru, pasien tersebut adalah Tuan AP, pasien positif corona yang diumumkan pada Jumat (3/7/2020). Ia berkunjung ke Disdukcapil pada Kamis (2/7/2020). 

Loading...

Saat itu, AP masih dalam masa isolasi karena hasil swab belum diperoleh Dinkes. AP melakukan pemeriksaan swab di Pasar Sukaramai pada 26 Juni lalu. 

Ia berkontak erat dengan rekan kerjanya di Sport Center Mal Pekanbaru yaitu Tuan FO (23) dari klaster Palembang, warga Kelurahan Umban Sari, Kecamatan Rumbai. Tuan FO merupakan keluarga Tuan NC, warga Pekanbaru yang pulang dari Palembang pertengahan Juni lalu. 

Tuan FO diumumkan positif corona pada 22 Juni. FO sudah dinyatakan sembuh dan keluar dari rumah sakit pada 28 Juni lalu.

Tua AP diumumkan sembuh pada 6 Juli. Ia hanya dirawat di rumah sakit selama tiga hari.