Pelabuhan Sungai Duku Dibuka Pekan Depan, Kepala Dishub Pekanbaru: Hanya Kapal Jelatik yang Pastikan Beroperasi

Pelabuhan Sungai Duku Dibuka Pekan Depan, Kepala Dishub Pekanbaru: Hanya Kapal Jelatik yang Pastikan Beroperasi

4 Juni 2020
Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Sejumlah transportasi mulai kembali beroperasi usai penerapan New Normal. Tansportasi darat dan udara telah kembali beroperasi di Pekanbaru sejak sepekan terakhir.

Kini, Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru berencana mengoperasikan Pelabuhan Sungai Duku mulai Senin (8/6/2020). Hal ini diputuskan usai rapat bersama sejumlah pihak seperti kementerian maupun pemangku kebijakan di jajaran pemerintah daerah.

"Kami akan mulai buka keberangkatan kapal mulai 8 Juni nanti. Dipilihnya tanggal 8 Juni karena adanya aturan dari pemerintah pusat yang melarang kegiatan mudik hingga 7 Juni 2020," kata Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso, Kamis (4/6/2020).

Meski aktivitas di Pelabuhan Sungai Duku dibuka, Dishub Pekanbaru tetap memperhatikan protokol kesehatan. Untuk itu, tim khusus dari berbagai pihak seperti Dinkes, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), TNI-Polri, dan lainnya dalam gugus tugas untuk memantau aktivitas pelabuhan.

"Pengawasan yang akan dilakukan tim gugus tugas bekerja sama dengan operator dan beberapa agen di pelabuhan. Penumpang tetap kita lakukan pembatasan," jelas Yuliarso.

Loading...

Contohnya, Kapal Jelatik yang berkapasitas 200 penumpang, maka dikurangi 100 penumpang. Sedangkan kapal lain seperti Naga Line, Meranti Ekspres, dan Kapal Motor (KM) Jelatik Ekspres belum memberikan kepastian untuk beroperasi.

"Makanya, kami terus melakukan sosialisasi kepada operator angkutan di pelabuhan," ucap Yuliarso.