Danrem 031 Wirabima Salurkan 10.000 Paket Sembako ke Panti Asuhan, Warakawuri, dan Janda Veteran di Pekanbaru

Danrem 031 Wirabima Salurkan 10.000 Paket Sembako ke Panti Asuhan, Warakawuri, dan Janda Veteran di Pekanbaru

9 Mei 2020
Danrem 031 Wirabima Kolonel (Inf) M Syech Ismed saat menyerahkan bantuan kepada warga Pekanbaru, Jumat (8/5/2020). Foto: Istimewa.

Danrem 031 Wirabima Kolonel (Inf) M Syech Ismed saat menyerahkan bantuan kepada warga Pekanbaru, Jumat (8/5/2020). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Sebagai bentuk kepedulian nyata terhadap masyarakat tidak mampu yang mengalami dampak sosial ekonomi akibat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Danrem 031 Wirabima Kolonel (Inf) M Syech Ismed beserta Ketua Persatuan Istri Prajurit (Persit) Kartika Chandra Kirana (KCK) Korcab Rem 031 PD I BB Nyonya Fitri Syech Ismed dan Relawan Peduli Covid-19 Riau kembali membagikan bantuan kemanusiaan berupa paket sembako di Pekanbaru, Jumat (8/5/2020).

Kegiatan diawali dengan penyerahan bantuan paket sembako oleh Danrem 031 Wirabima beserta Ketua Persit KCK Koorcab Rem 031 PD I/BB kepada perwakilan Babinsa pengantar sembako. Kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan keberangkatan 30 personel Babinsa pengantar sembako yang akan mengantar langsung ke rumah-rumah masyarakat.

Dalam sambutannya, Danrem 031 Wirabima Syech Ismed menyampaikan bahwa bantuan kemanusiaan berupa paket sembako ini merupakan program Korem 031 Wirabima dan Persit KCK Korcab Rem 031 PD I/BB serta bekerja sama dengan Relawan Covid-19 Riau. Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian membantu meringankan kesulitan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan akibat dampak sosial ekonomi yang timbul karena Covid-19.

"Bantuan berupa paket sembako tersebut berisi kebutuhan pokok terdiri dari beras, minyak goreng, mi instan, ikan kaleng, dan gula pasir. Di samping itu, warga Pekanbaru juga diberikan masker, vitamin, dan pamflet edukasi tentang pencegahan Covid-19. Semuanya ada di dalam setiap paket sembako untuk menambah pengetahuan masyarakat," jelasnya.

Usai pembukaan, rombongan menyalurkan paket sembako itu ke rumah masyarakat yang tidak mampu di Jalan Pemudi Ujung RT 02 RW 02, Kelurahan Tirta Siak, Kecamatan Payung Sekaki. Paket sembako ini juga disalurkan kepada Warakawuri (wanita yang ditinggal mati oleh suaminya anggota TNI) dan janda veteran di Jalan Sukoharjo, Kelurahan Suka Mulia, Kecamatan Sail.

Paket sembako ini juga disalurkan ke Panti Asuhan Ali An Nafi'i di Jalan Sidodadi, RT 01 RW 10, Kelurahan Perhentian Marpoyan, Kecamatan Marpoyan Damai. Kemudian, Panti Asuhan Al Akbar Jalan Soekarno-Hatta, RT 07 RW 08, Kelurahan Perhentian Marpoyan, Kecamat Marpoyan Damai, yang tidak luput menjadi target pemberian bantuan. 

Sedangkan untuk paket sembako lainnya diserahkan langsung oleh Babinsa ke rumah masyarakat yang telah didata sebelumnya. Sehingga, bantuan ini lebih efektif menghindari terjadinya keramaian dan tepat sasaran.

“Alhamdulillah, semoga pemberian bantuan kemanusiaan berupa paket sembako dan bantuan Jumat Barokah dari Ibu KASAD ini bermanfaat dan dapat membantu meringankan kesulitan masyarakat. Pembagian sembako ini merupakan program yang saya buat ini dilaksanakan setiap pekan," ungkap Syech Ismed.

Hal yang sama juga dilakukan para Dandim dengan sasaran masyarakat kurang mampu atau membutuhkan, Warakawuri, Janda Veteran, dan panti asuhan yang mengalami dampak sosial ekonomi akibat wabah Covid-19 di tengah suasana puasa bulan Ramadan.

"Sudah sekitar 10 ribu paket sembako kami bagikan kepada masyarakat," tutur Syech Ismed.

Danrem 031 Wirabima yang merupakan lulusan Akademi Militer 1993 ini juga mengimbau kepada seluruh pihak, termasuk para pengusaha dan masyarakat yang memiliki kemampuan lebih, agar peduli dan ikut membantu meringankan beban saudara, tetangga, masyarakat tidak mampu yang mengalami dampak sosial ekonomi akibat wabah Covid-19.

"Mari bersama-sama kita tetap waspada dan mencegah penularan Covid 19 dengan melaksanakan imbauan pemerintah dan selalu memperhatikan protokol kesehatan yang telah di sampaikan. Jaga pola hidup sehat seperti mencuci tangan," ucap Syech Ismed.

Kemudian, jarak jarak saat berkomunikasi dengan orang lain, gunakan masker bila keluar rumah, serta mematuhi imbauan pemerintah untuk tidak mudik dan tetap tinggal di rumah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Masyarakat juga diminta berdoa agar musibah ini segera berakhir dan kondisi kembali normal seperti sedia kala.