Cerita Kim Teng 5 Kali Pindahkan Kedai Kopi Legenda Miliknya

Cerita Kim Teng 5 Kali Pindahkan Kedai Kopi Legenda Miliknya

12 April 2020
Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Bagi penikmat kopi, nama Kim Teng tentu sudah tak asing lagi. Selain karena cita rasanya, kedai kopi yang kini berdiri di Jalan Senapelan, Pekanbaru itu syarat akan sejarah.

Semua bermula saat Tan Kim Teng mantap memutuskan untuk melepaskan seragam TNI nya dan memilih banting stir mengikuti jejak kakanya membuka usaha kedai kopi dinukil dari riaumagz.com, Minggu, 12 April 2020.

Kedai itu bernama Kedai Kopi Yu Hun terletak di Jalan Sago tahun 1950. Lantaran sesuatu hal, Kim Teng memilih memindahkan usahanya dekat Penginapan Nirmala.

Berangsur beberapa tahun merebak isu tentang pemulangan warga keturunan Tionghoa ke negeri asalnya Tiongkok pada 1959, Kim Teng lalu menutup kedai dan membukanya setelah isu mereda di lokasi berbeda.

Lalu pindah lagi dekat pintu gerbang pelabuhan Pelindo I dengan nama Kedai Kopi Kim Teng karena pemilik kedai kopi tersebut bernama Kim Teng.

Terakhir, kedai kembali dipindahkan ke Jalan Senapelan pada 13 Januari 2002 hingga saat ini.

Kim Teng sendiri wafat pada 6 Mei 2003 di Pekanbaru dimakamkan di Pekuburan Warga Tionghoa di Rumbai dengan upacara militer lengkap.