Bohlam Diganti Lampu Hemat Energi, Tagihan PJU Dishub Pekanbaru Hanya Rp7 Miliar Per Bulan

Bohlam Diganti Lampu Hemat Energi, Tagihan PJU Dishub Pekanbaru Hanya Rp7 Miliar Per Bulan

18 Februari 2020
Kepala Dinas Perhubungan Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinas Perhubungan Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Efisiensi tagihan bulanan terhadap Penerangan Jalan Umum (PJU) menjadi fokus kerja Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru saat ini. Dengan adanya inovasi-inovasi yang telah dilakukan, Dishub Pekanbaru telah berhasil menekan angka tagihan di tahun 2020.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Yuliarso di ruangannya, Selasa (18/2/2020) mengatakan, salah satu upaya menekan tagihan PJU adalah dengan melakukan meterisasi dan penggantian bohlam dengan Lampu Hemat Energi (LHE).

“Meterisasi PJU dan Penggantian bohlam dengan LHE (Lampu Hemat Energi) terbukti dapat menekah tagihan PJU pada Januari tahun ini,” ungkapnya.

Atas upaya tersebut Pemko Pekanbaru telah berhemat anggaran sekitar 40 persen. Sebagaimana diketahui tagihan PJU yang sebelumnya mencapai Rp12 miliar per bulan. 

Saat ini, tagihan PJU telah mencapai angka Rp7 miliar. Artinya, Pemko Pekanbaru sudah berhemat sekitar Rp5 miliar.

“Target kami sampai Rp6 sampai Rp5 miliar per bulan untuk tagihan PJU tahun ini. Mudah-mudahan di bulan Maret bisa tercapai,” harapnya.

Untuk diketahui, saat ini Dishub Kota Pekanbaru telah membuat 500 panel PJU di Kota Pekanbaru. Panel tersebut telah mengakomodir 12.000 PJU. Sementara itu, sisanya masih ada sekitar 15.000 PJU lagi yang belum dilakukan metrisasi.

“Karena keterbatasan anggaran, tahun lalu sudah 60 persen PJU yang dimeterisasi. Target kita tahun ini bisa mencapai 80 persen. Sisanya 20 persen lagi ditahun berikutnya,” tambahnya.