Wakil Wali Kota Pekanbaru Pastikan Mutasi Kepala BKPSDM Tak Ganggu Proses Penerimaan CPNS

Wakil Wali Kota Pekanbaru Pastikan Mutasi Kepala BKPSDM Tak Ganggu Proses Penerimaan CPNS

4 Januari 2020
Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi. Foto: Surya/Riau1.

Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Enam pejabat tinggi pratama atau kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dilantik di Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Jumat (3/1/2020). Akibat mengisi jabatan baru, jabatan kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) harus dirangkap jabatan oleh pejabat lain.

Sebelumnya, jabatan kepala BKPSDM diemban oleh Masykur Tarmizi. Kini, ia sudah menempat posisi baru sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang).

Jabatan kepala BKPSDM yang ditinggalkan diisi oleh Azwan. Ia merupakan Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru. Azwan merangkap jabatan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) kepala BKPSDM.

Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi usai pelantikan enam pejabat tersebut mengatakan, pergantian kepala BKPSDM tidak akan mengganggu proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Karena, tes CPNS sudah menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

Seleksi CPNS dengan CAT ini sudah digunakan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XII Pekanbaru sejak 2013. Prosesnya sangat transparan. 

"Tak bisa menitip kenalan. Wakil Wali Kota jug tak bisa meluluskan. Saya tidak mau ada konflik kepentingan," ucap Ayat.

Di samping itu, enam pejabat yang baru dilantik diminta memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi). Jangan sampai tak paham karena nanti bisa kacau.

"Kan sudah ada rencana jangka panjang. Pahami dengan sebaik-baiknya regulasi yang ada," ucap Ayat.

Para pejabat di Pemko Pekanbaru juga diminta bekerja dengan cepat. Apalagi, Pekanbaru ini kota smart city. 

"Jangan sampai mengatakan tidak dapat informasi ketika ditanya kepala daerah. Berarti telepon selulernya dimatikan," sebut Ayat.