Penyempitan Jalan Akibat Proyek IPAL di Sukajadi, Dishub Pekanbaru: Arus Lalu Lintas Tetap Mengalir

Penyempitan Jalan Akibat Proyek IPAL di Sukajadi, Dishub Pekanbaru: Arus Lalu Lintas Tetap Mengalir

5 Desember 2019
Pengerjaan proyek IPAL di Jalan Ahmad Dahlan, Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru. Foto: Surya/Riau1.

Pengerjaan proyek IPAL di Jalan Ahmad Dahlan, Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang dibangun di tengah jalan menyebabkan penyempitan arus lalu lintas. Saat jam sibuk, pagi dan sore hari, jalan di sekitar Kecamatan Sukajadi macet terhalang proyek ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Yuliarso, Kamis (5/12/2019), mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi soal arus lalu lintas di sekitar proyek IPAL di Kecamatan Sukajadi. Hanya saja, mungkin dalam koordinasi di lapangan ada hal-hal yang berbeda.

"Rekayasa lalu lintasnya masih tidak mengganggu. Hanya saja, terjadi penyempitan jalan dan perlambatan hingga macet. Itu saja sebenarnya. Arus lalu lintas tetap mengalir," ungkapnya.

Di samping penyempitan jalan, permasalahan ditambah dengan pergeseran alat berat dari satu lokasi ke lokasi lain. Pergeseran alat berat sepanjang puluhan meter masih bisa ditoleransi.

"Kami tetap melakukan pengawasan. Makanya perlu koordinasi. Terkadang terjadi miskomunikasi," ujar Yuliarso.

Kemarin, pemindahan alat berat itu tidak diberitahukan pihak kontraktor ke Dishub Pekanbaru. Ternyata, kontraktor berinisiatif atau berimprovisasi sendiri di lapangan.

Loading...

Ketika ada pergeseran alat berat, maka dibutuhkan pendampingan dari Dishub dan kepolisian supaya tidak terjadi kecelakaan. Karena, pergeseran alat berat tanpa koordinasi dapat membahayakan pengguna jalan lain.

"Kami akan intensifkan koordinasinya," ucap Yuliarso.

Mengenai jalan yang dibongkar untruk proyek IPAL, hal itu urusan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Sehingga, jalan itu kembali baik seperti semula.